Satlantas Polres Demak Intensifkan Ramp Check Kendaraan Pariwisata untuk Kurangi Risiko Kecelakaan

MJ. Demak – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Demak bersama sejumlah instansi terkait, yaitu Dokkes Polres Demak, Jasa Raharja, dan Dinas Perhubungan, mengintensifkan pemeriksaan atau ramp check terhadap kendaraan pariwisata yang beroperasi di Kabupaten Demak. Langkah ini diambil guna meminimalkan risiko kecelakaan lalu lintas.

“Pengecekan akan kami lakukan secara rutin dan komprehensif, baik dari aspek kelaikan kendaraan maupun kesehatan sopir bus wisata itu sendiri,” kata Kasatlantas Polres Demak, AKP Lingga Ramadhani, STK, SIK, CPHR, Sabtu (18/5/24).

Kegiatan ramp check ini dilaksanakan langsung di lokasi Terminal Bus Pariwisata Kadilangu Demak. Pemeriksaan dilakukan terhadap sejumlah angkutan bus pariwisata yang parkir di terminal tersebut. Tim gabungan mengecek kondisi teknis kendaraan, seperti rem, lampu, ban, serta dokumen kelengkapan kendaraan. Selain itu, kesehatan sopir bus juga diperiksa untuk memastikan mereka dalam kondisi prima saat mengemudi.

BACA JUGA:  Polda Lampung Pastikan Keamanan Selama Libur Panjang

Langkah intensifikasi ramp check ini mendapat sambutan positif dari masyarakat dan pelaku industri pariwisata. “Kami mendukung upaya ini karena dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang menggunakan jasa transportasi bus,” ujar salah satu pengusaha bus pariwisata.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Demak bersama instansi terkait seperti Dokkes Polres Demak, Jasa Raharja, dan Dinas Perhubungan, mengintensifkan pemeriksaan atau ramp check terhadap kendaraan pariwisata yang beroperasi di Kabupaten Demak. Langkah ini diambil guna meminimalkan risiko kecelakaan lalu lintas.

Dalam kegiatan tersebut, petugas melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan secara menyeluruh. Pemeriksaan mencakup pengecekan mesin, lampu, spion, alur ban, sistem pengereman, hingga sistem kemudi. Selain itu, dilakukan juga pengecekan terhadap sarana penunjang keselamatan seperti kotak P3K, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan alat pecah kaca untuk situasi darurat, serta kelengkapan administrasi kendaraan.

BACA JUGA:  Polres Pematang Siantar lakukan Tes Urin Terhadap 20 Supir Bus Angkutan Nataru 2023

“Sedangkan untuk pengemudi, pemeriksaan meliputi kondisi kesehatan, memastikan tidak dalam pengaruh minuman keras, narkoba, atau obat-obatan terlarang. Pengemudi juga harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sesuai dengan jenis kendaraan dan pemahaman yang baik tentang tertib berlalu lintas,” ujar Kasatlantas Polres Demak, AKP Lingga Ramadhani, STK, SIK, CPHR.

BACA JUGA:  Ketua MUI Kota Pematang Siantar Ajak Masyarakat Sambut Kedamaian Pasca Pemilu 2024

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Satlantas Polres Demak bersama jajaran Dinas Perhubungan Demak dalam mencegah risiko kecelakaan pada rombongan wisata.

Hal ini semakin diperhatikan setelah insiden kecelakaan yang menimpa rombongan study tour pelajar di Subang, Jawa Barat baru-baru ini.

Pos terkait