Satresnarkoba Polres Tulang Bawang Berhasil Tangkap 13 Pelaku Narkoba dalam Sebulan

MJ, Lampung – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, mencatat prestasi dengan berhasil menangkap 13 pelaku tindak pidana peredaran dan penyalahgunaan narkotika jenis sabu dalam waktu satu bulan terakhir.

Kasatres Narkoba, AKP Indik Rusmono, SIK, MH, menyampaikan bahwa petugas berhasil mengungkap 10 kasus sepanjang bulan Januari 2024. “Total pelaku yang berhasil kami amankan sebanyak 13 orang, semuanya berjenis kelamin laki-laki,” ungkap AKP Indik yang didampingi PS. Kasi Humas, Ipda Bastian, SH, PS. Kanit I Satresnarkoba, Aiptu Arnansyah, dan PS. Kasubsi PIDM Sihumas, Bripka Najib, dalam konferensi pers di Aula Wira Satya Mapolres pada Kamis (01/02/2024).

Adapun barang bukti yang berhasil disita oleh petugas mencakup 23 bungkus plastik klip kecil berisi narkotika jenis sabu sebanyak 4,5 gram, tiga buah alat hisap sabu (bong), timbangan digital, tiga unit handphone (HP) jenis android, dan uang tunai senilai Rp 123 ribu.

BACA JUGA:  Gelar Jum'at Curhat di Kahuripan Jaya, Polres Tulang Bawang Terima Aduan Dari Empat Orang Warga

Pembagian kasus menunjukkan bahwa 6 kasus berasal dari wilayah Kecamatan Banjar Margo, 2 kasus dari Kecamatan Banjar Agung, 1 kasus dari Kecamatan Menggala, dan 1 kasus dari Kecamatan Gedung Aji.

Menurut Kasatres Narkoba, dari 13 pelaku yang ditangkap, 9 di antaranya merupakan pemakai atau penyalahguna narkotika, 3 merupakan kurir, dan 1 merupakan bandar narkotika.

BACA JUGA:  Polsek Siantar Utara Tangkap Pelaku Pembakaran Mobil Mitsubishi Expander

Para pelaku akan dijerat dengan Pasal 114 ayat 1 Sub Pasal 112 Ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun, serta pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar.

BACA JUGA:  Dokkes Polres Tulang Bawang Bagikan Bubuk Abate Secara Gratis dan Ingatkan 3M Plus Untuk Cegah DBD

Kapolres Tulang Bawang, AKBP James H Hutajulu, SIK, SH, MH, MIK, menyampaikan apresiasinya terhadap Satresnarkoba atas kerja keras dalam memberantas peredaran narkotika di wilayah hukumnya. Ia berharap keberhasilan ini dapat memberikan efek jera dan mengamankan masyarakat dari ancaman narkoba.

Pos terkait