Sebentar Lagi Ramadhan, Ini 15 Ide Menu Berbuka Sehat

DEPOKPOS – Berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Setelah seharian berpuasa, tentunya hari perlu diakhiri dengan makanan sehat nan lezat agar tubuh kembali segar.

Tapi ada kalanya kita tidak ada waktu untuk menyiapkan menu makanan buka puasa yang bergizi namun menggugah selera.

Namun, tidak perlu khawatir, Sebab, dengan ide menu buka puasa yang sederhana dan praktis ini, kamu tetap bisa menikmati waktu santap buka puasa.

Yuk, kita lihat ide-ide menu berikut ini!

Es Timun Lemon

Buka puasa semakin nikmat kalau diawali dengan minuman dingin yang segar. Apalagi dengan cuaca Indonesia yang panas ini. Minuman es timun melon ini gampang banget untuk dibuat dan cocok dihidangkan dengan makanan apa pun.

Rolade Tahu Telur

Resep rolade tahu ini gak perlu waktu berjam-jam untuk dibuat. Sangat praktis bagi yang tidak suka masakan ribet tapi tetap ingin santapan enak.

Salad Buah

Coba sekali-kali buka puasa dengan santapan sehat seperti salad buah. Selain banyak vitamin, rasa haus dan dehidrasi akan hilang dan sekaligus memberikan energi untuk tubuh. Kamu bisa membuat salad buah dengan campuran irisan stroberi, nanas, kiwi, buah naga, semangka, dan mangga. Dinginkan buah sebelum diiris untuk rasa yang lebih segar. bisa menggunakan yogurt dan madu sebagai pilihan dressing sehat.

BACA JUGA:  Memaknai Keharmonisan: Berbuka Puasa di Perjalanan Kapal Roro, Selat Sunda

Omelet Sayur

Cari menu buka puasa sehat dan lezat untuk keluarga? Kamu bisa mencoba omelet sayur. Mudah untuk dibuat dalam porsi kecil maupun besar. Caranya juga gampang, seperti masak telur dadar biasa. Cukup dengan bahan utama telur dan sayur pilihan kamu. Bisa juga ditambahkan dengan daging seperti bakso ikan dan ayam. Sajikan dengan bumbu pecel agar semakin enak untuk disantap.

Kolak Pisang Ubi

Buka puasa rasanya tidak lengkap kalau tidak ada kolak. Wajar saja karena kolak memang enak dan tidak repot untuk dibuat. Toppers juga sebenarnya hanya membutuhkan 5 jenis bahan yang cukup mudah dicari.

Jus Buah-buahan

Setelah puasa, tidak jarang orang merasa dehidrasi karena tidak minum seharian. Waktu ini pas banget untuk dibuka dengan jus buah dingin yang kaya akan vitamin.

Gunakan buah favorit kamu dan bisa campurkan dengan sayuran seperti mentimun, brokoli, atau bayam biar semakin bernutrisi. Jangan lupa untuk diganti bahannya tiap hari agar tidak bosan ya!

BACA JUGA:  4 Cara Mempercepat Siklus Menstruasi

Telur Gulung

Kalau tidak suka ribet-ribet membuat daging sate, kenapa gak bikin sate telur saja? Telur mengandung banyak protein yang tidak kalah dengan daging. Tidak heran mengapa orang menggunakan telur sebagai alternatif daging karena lebih mudah dan murah untuk digunakan.

Roti Bakar

Roti bakar merupakan menu paling praktis dan sederhana. bisa membuat roti bakar sebagai hidangan asin maupun manis sesuai selera. Kalau lagi ingin makan asin, kamu bisa kombinasikan daging irisan dengan telur, lalu tambah keju lelehan yang menggiurkan. Untuk roti bakar manis, kamu bisa pakai selai kesukaanmu dan tambah buah atau granola sebagai topping.

Ayam Teriyaki

Ayam teriyaki bukanlah makanan yang asing lagi dan digemari oleh banyak orang. Ternyata membuat ayam teriyaki itu tidak ribet loh! Toppers bisa memasak resep ini dengan waktu 10 menit saja.

Puding Susu

Kalau bosan dengan kolak sebagai makanan pencuci mulut saat buka puasa, kamu bisa coba puding susu. Caranya tidak kalah mudah juga loh. Kamu bisa mempersiapkannya saat berpuasa, lalu langsung siap disantap ketika berbuka puasa.

Martabak Tahu Telur

Menu buka puasa memang paling nikmat jika dilengkapi dengan makanan yang gurih dan renyah. Kamu bisa mencoba buat makanan sederhana ini, yaitu martabak tahu telur. Resepnya mudah dan rasanya lezat pasti jadi favorit anggota keluarga.

BACA JUGA:  Collabonation Tour: Tulus, Iwa K, dan Barasuara Hadir Sapa Kota Bekasi

Sate Kikil

Menu buka puasa yang satu ini seringkali langsung diserbu anggota keluarga tepat setelah adzan maghrib berkumandang. Bagaimana tidak, sate kikil terkenal dengan bumbu kacangnya yang pedas dan khas yang membalut kikil yang empuk.!

Bola Daging Lada Hitam

Masakan lezat nan gurih ini siap menemani momen buka puasa bersama keluarga. Kali ini, kamu bisa coba buat bola daging lada hitam. Rasanya lezat dan bumbunya meresap, cocok untuk menu buka puasa.

Semur Telur Puyuh

Semur telur puyuh mungkin sudah biasa, namun tambahan potongan jamur pasti akan membuat hidangan jadi lebih istimewa. Semur telur puyuh jamur dapat menjadi menu buka puasa andalan keluarga. Paling lezat dinikmati dengan nasi hangat.

Manisan Kolang Kaling

Manisan kolang-kaling sering menjadi menu buka puasa yang disukai anak-anak. Rasa kolang-kaling yang chewy ditambah rasa manis dari sirup yang meresap bisa menceriakan momen buka puasa di rumah.

Muhammad Yahya

Pos terkait