Sebentar Lagi Ramadhan, Ini Tips Agar Tubuh Bugar Saat Puasa

Ada beberapa tips menjaga kebugaran tubuh saat menjalan puasa yang perlu Anda ketahui

DEPOK POS – Memasuki bulan ramadan penting untuk menjaga kebugaran tubuh agar puasa tetap lancar. Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar kebugaran tubuh tetap terjaga selama satu bulan. Saat bulan menjalan puasa, mungkin Anda tidak bisa berolahraga dengan keras. Oleh karena itu, cara khusus untuk menjaga kebugaran tanpa harus latihan keras. Meski demikian, puasa juga dapat dijadikan sebagai detoksifikasi atau proses pembuangan racun-racun yang berada dalam tubuh.

BACA JUGA:  Tips Ampuh Hemat BBM saat Mudik Jarak Jauh

Ada beberapa tips menjaga kebugaran tubuh saat menjalan puasa yang perlu Anda ketahui.

Perbaiki Gizi

Untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi. Cobalah untuk menghilangkan gula, kafein, gorengan, minuman ringan. Ini adalah periode yang tepat untuk mengubah kebiasaan buruk Anda dan membuat tubuh lebih bugar.

Pola Makan Sahur

Sahur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari. Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari.

BACA JUGA:  Kualitas Gaya Hidup Mempengaruhi Kesehatan Mental

Pola Makan Saat Berbuka

Langsung mengkonsumsi makanan yang banyak ketika berbuka puasa, akan menyebabkan perut menjadi sesak, sehingga makan makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.

BACA JUGA:  Yayasan Amaliah Astra Gelar Lomba Tahfidz Nasional Online dan Kajian Anak

Menjaga Cairan Tubuh

Menjaga cairan tubuh adalah salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Konsumsi makanan yang mengandung mineral, protein dan nutrisi lain saat sahur agar tubuh tetap bugar seharian.

Menjaga Pola Tidur

Jika harus melakukan persiapan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Muhammad Yahya

Pos terkait