“Sejumlah WBP Geruduk Ruang Petugas Pengamanan Lapas Pematangsiantar”

MJ, Pematangsiantar – Lapas kelas IIA Pematangsiantar memberikan pengarahan dan penguatan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kalapas M. Pithra Jaya Saragih, melalui Ka.KPLP Erwin Siregar, menyampaikan kepada perwakilan WBP yang disebut Kepala Kamar dan Kepala Blok hunian tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kamar dan blok hunian. Jum’at 2/2/2024

Melalui pendekatan persuasif oleh petugas terhadap Warga Binaan, ditandai dengan peran aktif kepala kamar dan kepala blok hunian yang secara langsung menyerahkan barang-barang yang dianggap berbahaya dan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban kepada petugas.

Ka.KPLP, Kasie Kamtib, beserta jajaran menyambut baik inisiatif WBP dengan mendata barang-barang berbahaya untuk dilaporkan dan dimusnahkan, antara lain beberapa benda tajam rakitan, gunting, dan beberapa paku.

BACA JUGA:  Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023, Kapolres Metro Tangerang Kota Bacakan Amanat Presiden Jokowi

Kalapas mengapresiasi inisiatif dan kesadaran Warga Binaan akan peran aktif dalam mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas kelas IIA Pematangsiantar, sebagai langkah deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Bapak Reynhard Silitonga mengenai 3 + 1 Pemasyarakatan, yaitu Deteksi dini gangguan Keamanan dan Ketertiban, Berantas Narkoba, Sinergitas dengan aparat penegak hukum, dan Back to Basic pemasyarakatan.

Kalapas juga menekankan kepada seluruh jajaran, khususnya jajaran pengamanan, untuk terus meningkatkan pengawasan, melakukan kontrol keliling, serta razia rutin maupun insidentil terhadap kamar dan blok hunian WBP guna menekan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas kelas IIA Pematangsiantar.

BACA JUGA:  Polisi Sita 30.257 Butir Obat Terlarang dari 14 Tersangka di Tangerang, Terancam 12 Tahun Bui

Pos terkait