Semakin Bersinar, MAN 3 Jombang Raih 170 Prestasi Sepanjang 2023

MJ, Jombang – MAN 3 Jombang semakin menegaskan eksistensinya dengan prestasi gemilang. Dengan jargon “Kaya Juara”, madrasah yang bernaung di bawah Pondok Pesantren Bahrul Alumni membuktikan komitmennya dalam meraih prestasi di berbagai ajang perlombaan.

Sepanjang tahun 2023, MAN 3 Jombang berhasil meraih setidaknya 170 prestasi dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional, hingga internasional.

Prediksi menunjukkan bahwa jumlah prestasi ini akan terus bertambah seiring dengan partisipasi yang semakin banyak dari peserta didik MAN 3 Jombang di tahun-tahun mendatang.

Bidang olimpiade menjadi ranah akademik yang selalu menghasilkan prestasi gemilang bagi MAN 3 Jombang. Capaian tim olimpiade MAN 3 Jombang dalam berbagai kompetisi sudah terbukti tak diragukan lagi.

Delegasi MAN 3 Jombang dalam Hi-Great Olympiade of Agroindustri di Universitas Brawijaya Malang berhasil meraih juara 2 Nasional. Mereka adalah siswi kelas XII Unggulan, Nafiatul Mughnisah, Siti Aisyah Nur Rofiq, dan Ella Handini.

Tidak hanya sampai di situ, dua delegasi MAN 3 Jombang dalam event kampus, yaitu Olimpiade Open Psychology oleh Universitas Airlangga, juga berhasil meraih juara 2 Nasional atas nama Mirza Fazle Fattan Muhammad (XII MIPA 1) dan Dimas Eksa Permadani (XII MIPA 1).

Selain olimpiade, MAN 3 Jombang juga mengukir prestasi dalam bidang storytelling Bahasa Inggris. Nadia Fathma Zahira Putri Handoyo (XII Bahasa 2) berhasil meraih prestasi membanggakan dengan menjadi pemenang Story Telling Competition Tingkat Nasional, sebuah lomba yang diadakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Tidak hanya dalam Bahasa Inggris, kemampuan berkomunikasi peserta didik MAN 3 Jombang dalam Bahasa Arab juga patut diacungi jempol.

BACA JUGA:  Brimob Gadungan Berada di Lingkungan Mako Brimob Selama Satu Bulan, Diamankan Provos dan Paminal

Rahma Rafida, salah satu peserta didik multitalenta yang juga mahir berbahasa Arab, berhasil menjadi juara 2 Lomba Qiroatul Akbar Tingkat Nasional, sebuah lomba baca berita bahasa Arab tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Lebih jauh, Robotik MAN 3 Jombang semakin menunjukkan keahliannya di berbagai kompetisi nasional. Pada perhelatan Wonderful Indonesia Robot Challenge (WIRC), tiga tim MAN 3 Jombang berjaya. Kompetisi tahunan tersebut dilaksanakan di Jatim Park 3, Batu pada 8-9 Juli 2023.

Dalam kompetisi tingkat nasional itu, MAN 3 Jombang mengikuti dua kategori. Satu tim putra di kategori Creative berhasil menjadi Juara Tiga dengan inovasi robot bernama ECB. Sementara tim putri meraih prestasi di kategori Robot Soccer, dengan satu tim menjadi Juara Tiga dan tim lainnya mendapat predikat Best Poin.

MAN 3 Jombang telah menunjukkan keunggulan tidak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga dalam bidang non akademik.

BACA JUGA:  Parah! Bupati Meranti Pakai Dana Hasil Korupsi untuk Biaya Nyalon Cagub Riau

Pada Oktober 2023, dua peserta didik MAN 3 Jombang, Musyarofah Naila Lutfi (XI MIPA 5) dan Ghitsa Alilatul Bariza (XI MIPA 10), meraih kesuksesan dalam Lomba Ghina Araby Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh UIN Sultan Aji Muhammad Idris, Samarinda.

Lomba ini, yang bertajuk Syahrul Lughah, menyaksikan prestasi gemilang dari delegasi MAN 3 Jombang dalam ajang GAMUNAS (Gebyar Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional), di mana DyahManggar Sasikirana (X-8), Izzah Qotrun Nada (X-17), dan Syifa Akmila Aqlina (X-17) meraih peringkat pertama nasional.

Masing-masing dari mereka memainkan peran penting dalam penampilan mereka, dengan Manggar sebagai pensyarah, Izzah sebagai qari’, dan Syifa sebagai penerjemah, menyajikan ayat 6 Surat Al-Hujurat dengan gemilang.

Prestasi MAN 3 Jombang tidak berhenti di situ, karena mereka berhasil mengantarkan salah satu peserta didik, Gabriel, ke program pertukaran pelajar di Swiss melalui seleksi AFS Intercultural Programs.

AFS Intercultural Programs merupakan organisasi pertukaran antar budaya terbesar di dunia yang beroperasi di lebih dari 60 negara. Selain itu, MAN 3 Jombang juga menorehkan capaian luar biasa dengan banyaknya alumni yang diterima di berbagai perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia pada tahun 2023, mencapai angka 336 siswa.

Keberhasilan yang diraih oleh MAN 3 Jombang menjadi sumber kebanggaan sekaligus tantangan. Madrasah ini berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi di semua bidang. Tantangan yang dihadapi saat ini adalah menemukan bibit-bibit unggul yang akan ditempa menjadi juara di masa mendatang.

BACA JUGA:  Kinerja Positif APBN 2023 Tetap Menjaga Momentum Pemulihan serta Memperbaiki Pemerataan dan Kesejahteraan

Dalam rangka menyambut Penerimaan Peserta Didik Baru, MAN 3 Jombang membuka pendaftaran mulai tanggal 02 hingga 19 Maret 2024 secara online melalui www.mantambakberas.sch.id.

Calon peserta didik diminta untuk mengisi dan mencetak formulir pendaftaran serta melengkapi berkas persyaratan lainnya, seperti fotokopi ijazah/rapor, fotokopi NISN, pas foto hitam putih 3×4, fotokopi akta kelahiran, fotokopi KTP orang tua, fotokopi kartu keluarga, dan fotokopi piagam prestasi (jika ada).

Semua berkas harus dikirimkan ke MAN 3 Jombang paling lambat tanggal 19 Maret 2024. Seleksi offline akan dilakukan di MAN 3 Jombang pada rentang tanggal 02 hingga 19 Maret 2024 dengan sistem one Day Service.

Sutrisno, selaku Kepala Madrasah, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian gemilang dalam bidang akademik maupun non akademik.

“Prestasi ini membuktikan bahwa madrasah telah memiliki sistem pembinaan yang terprogram dan serius untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki peserta didik,” ujar Kamad. Ia berdoa agar ilmu yang diperoleh peserta didik dapat bermanfaat dan membawa berkah bagi mereka.

Pos terkait