Shakira Amirah Wakili UI ke Tingkat Nasional Ajang Mahasiswa Berprestasi

DEPOKPOS – Universitas Indonesia (UI) telah menyelenggarakan serangkaian proses pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) tahun 2023 yang berlangsung pada Senin, 10 April 2023, di Balai Sidang UI, Kampus Depok, Jawa Barat. Keluar sebagai peraih Mapres Utama jenjang Sarjana UI tahun 2023 adalah Shakira Amirah, mahasiswa Fakultas Kedokteran UI. “Dengan pencapaian tersebut, Shakira akan menjadi wakil UI dalam seleksi mahasiswa berprestasi tingkat nasional, bersaing dengan para mahasiswa berprestasi dari Perguruan Tinggi se-Indonesia, pada Mei-Juli 2023,” kata Amelita Lusia, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI.

Shakira terpilih setelah melalui proses seleksi dan penilaian yang ketat, terdiri dari 4 (empat) indikator yaitu: gagasan kreatif/produk inovatif, kemampuan bahasa inggris, capaian unggulan dan CV, serta test psikologi. Shakira yang sebelumnya terpilih menjadi Mapres FKUI bersaing dengan para mahasiswa berprestasi yang berasal dari seluruh fakultas di lingkungan UI.

BACA JUGA:  Dosen dan Mahasiswa Universitas Sutomo Beri Pelatihan Pembuatan Aplikasi Android ke Siswa SMA

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan, Abdul Munir., Ph.D. serta para Kasubdit di lingkungan Direktorat Kemahasiswaan UI.

Selain predikat sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama UI, pada ajang tersebut Shakira juga berhasil meraih 3 penghargaan lainnya, yaitu sebagai Mapres Rumpun Ilmu Kesehatan Terbaik, Mapres dengan Capaian Unggulan Terbaik, dan Mapres dengan Gagasan Kreatif/Produk Inovatif Terbaik.

BACA JUGA:  PEBS FEB UI Telisik Usulan Kenaikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji 2023

Shakira mengungkapkan rasa syukur dan bahagia atas pencapaian yang diraih. Tentunya hal ini tidak bisa diraih tanpa dukungan serta doa-doa dari para dosen, keluarga, dan juga teman-teman yang senantiasa mendukung perjuangan panjang Shakira.

“Work hard, stay focused, and trust in God’s plan for your life, saya memegang quote ini dan percaya bahwa sebagai manusia hanya bisa bekerja keras dan memberikan yang terbaik, sedangkan hasil yang nanti diterima dan keputusan terbaik sudah ditentukan oleh Allah” lanjutnya.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UI ini, terdiri atas dewan juri antara lain: Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc, M.M., Dr. Untung Yuwono., Prof. Dr. R. Cecep Eka Permana, S.S., M.Si., serta Prof. drg. Risqa Rina Darwita, Ph.D.,untuk Juri Makalah. Selain itu, Dra. Sitaresmi, M.Sc., Djauhari Jatus Sulichah, S.S., M.Sc., serta Dr. Fuad Gani, S.S., M.A. untuk Juri Bahasa Inggris.

BACA JUGA:  UGM Gelar Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa 2022

Sementara penilaian terhadap CV seluruh peserta dilakukan oleh Dr. Teguh Kurniawan, S.Sos, M.Sc., Badrul Munir, Ph.D., Dr.Eng. Radon Dhelika., serta Silvia Surini, M.Pharm.Sc., Apt., Ph.D. Adapun Juri Psikotest antara lain Farida Kurniawati, S.Psi., M.Sp.Ed.,Ph.D., Psikolog., Nathanael Sumampouw, M.Psi., M.Sc., Psikolog serta Dra. Yudiana Ratna Sari,. M.Si., Psikolog.

Pos terkait