SKSG UI Tawarkan Online Summer Course bagi Mahasiswa Asing

DEPOKPOS – Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) genap berusia tujuh tahun, pada 1 Juli 2023 lalu. Perayaan Dies Natalis SKSG UI dilaksanakan di Sumba Room Hotel Borobudur, Jakarta Pusat (07/07/2023) ditandai dengan peluncuran Online Summer Course dan website kotadesa.com.

Diantara tamu kehormatan yang hadir saat itu adalah Duta Besar Negara Rusia, Lyudmila Vorobieva; Wakil Walikota Kota Depok, Ir. H. Imam Budi Hartono, M.Si; serta perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia, Badan Intelijen Negara Republik Indonesia, Kementerian Pertahanan Indonesia, Kementerian Investasi Indonesia, Direktorat Jendral imgrasi, dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Komunitas Tari FISIP UI Radha Sarisha Siap Jalankan Misi Budaya di International Folklore Festivals “Du Sud” Tour

Saat menyampaikan sambutan, Direktur SKSG UI Athor Subroto, S.E., M.M., M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa SKSG UI selalu berkomitmen menjalankan visi dan misi UI, yaitu menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing. Cikal-bakal SKSG sudah dimulai lebih dari 7 tahun, berawal dengan nama Fakultas Pascasarjana pada tahun 1982, kemudian menjadi Program Pascasarjana, dan pada tahun 2016 berubah menjadi SKSG. Maka, jika mengacu berdasarkan sejarah pendiriannya, usia SKSG adalah 41 tahun. “Dengan sembilan program master, SKSG UI berusaha menjawab persoalan bangsa diantaranya melakukan berbagai penelitian dengan luaran seperti buku, jurnal, seminar, maupun Moocs. Harapannya tentu juga dapat meningkatkan jejaring dan reputasi UI dimata internasional,” kata Athor.

Ucapan selamat dan sukses juga disampaikan oleh Duta Besar Negara Rusia. “Angka tujuh merupakan angka keburuntungan di Rusia, kami berharap pada usia ke-7 SKSG dapat meneruskan tradisi pertemanan dan hubungan kerjasama dalam berbagai macam bidang khususnya edukasi,” kata Lyudmila.

BACA JUGA:  Muhammad Rifai Hasbi Sabet Juara 1 Duta Bahasa DKI Jakarta 2023

Online summer course SKSG UI khusus bagi mahasiswa berwarga negara asing dan atau berafiliasi dengan institusi atau lembaga asing untuk dapat belajar mengenai sosial, politik serta kebudayaan Indonesia. Kegiatan ini menawarkan pembelajaran daring dan jalan-jalan virtual selama 21-30 jam belajar secara gratis dimana setelah mengikuti kegiatan peserta akan diberikan sertifikat.

Tujuan online summer course SKSG UI ini untuk menjembatani lintas budaya dan keragaman yang ada di Indonesia. “Tahun ini, online summer course SKSG UI akan dilaksanakan pada 17 Juli—11 Agustus 2023 dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara seperti Turki, Afganistan, Korea Selatan, Australia, Jepang, Mesir, Spanyol, Meksiko, dan Filipina,” kata Dr. Muhammad Fuad selaku ketua tim teaching online summer course SKSG UI.

BACA JUGA:  Tiga Program FMIPA UI Jalani Visitasi Internasional ASIIN

Pada acara ini, Direktur SKSG UI juga meresmikan peluncuran website kotadesa.com yang dibentuk sebagai perwujudan hasil klaster riset yang dapat diakses oleh pemerintah, peneliti, mahasiswa, serta masyarakat. Tim pengembangan website ini berasal dari Klaster Riset Permukiman, Fasilitas, dan Infrastruktur (PFI) SKSG UI yang dikoordinatori oleh Dr. Lita Sari Barus.

Website ini merupakan media informasi pembangunan kota dan desa yang dapat menjangkau secara lokal, nasional, regional, serta global, karena berbasis digital khususnya dalam menyebarkan informasi terkait kegiatan klaster riset PFI dan mitra. “Kami berharap fitur-fitur yang terdapat pada website kotadesa.com dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Lita Barus.

Pos terkait