Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop dalam Meningkatkan Penjualan

DEPOK POS – Komunikasi merupakan elemen yang penting untuk membentuk kehidupan bersosial yang lebih baik. Selain untuk menyampaikan pesan dan berguna bagi kegiatan sehari-hari, komunikasi juga memiliki peran penting dalam sebuah bisnis. Dengan komunikasi yang baik, pebisnis dapat menjual produk yang dimiliki dengan lebih baik dan juga bisa menghindari terjadinya kesalahpahaman antar kedua belah pihak, yaitu pelaku bisnis dan konsumen.

Komunikasi menjadi salah satu hal yang penting dalam menjalankan suatu bisnis atau perusahaan. Komunikasi ini bisa diartikan sebagai suatu komunikasi yang dilakukan secara verbal maupun non verbal. Dimana dalam komunikasi ini berisi pendapat, ide, gagasan, maupun informasi. Komunikasi ini dapat dilakukan secara personal maupun impersonal. Komunikasi Bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang memiliki target tertentu yang ditunjukkan secara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal.

Dalam melakukan komunikasi bisnis yang baik perlu adanya strategi komunikasi bisnis, Strategi komunikasi bisnis merupakan sebuah cara sebuah perusahaan atau organisasi berkomunikasi dengan perusahaan atau organisasi lain untuk mencapai sebuah tujuan jangka panjang perusahaan atau organisasi. Salah satu tujuan perusahaan adalah tingginya angka penjualan produk yang telah di produksi. Tinggi rendahnya tingkat penjualan bergantug pada usaha perusahaan dalam pengenalan produk kepada konsumen.

BACA JUGA:  Tujuan dan Manfaat Presentasi Bisnis

Penjualan sendiri adalah suatu kegiatan pemindahan barang dari penjual kepada pembeli dengan harapan penjual mendapat keuntungan dari pejualan produk baik barang ataupun jasa.Tinggi rendahnya tingkat penjualan di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan adalah kondisi pasar. Perkembangan bisnis saat ini sudah sangat berkembang pesat, sampai pada internet (media online). Sistem bisnis yang seperti ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan multinasional sampai pada pedagang retail kecil.

Sistem bisnis jual beli merupakan komoditi utama yang menggunakan cara seperti ini, dimana dengan sistem penjualan yang seperti ini sangat memudahkan target pasar membeli yang dibutuhkan tanpa harus mengunjungi toko atau tempat penjualannya.

Bisa kita ambil salah satu contohnya adalah Shoppe. Dimana Shoppe merupakan salah satu situs belanja online pendatang baru, kehadiran Shoppe di Indonesia mulai Desember 2015. Prestasi shoppe melalui marketplace nya adalah memalui promosi yang dalam waktu singkat pengguna shoppe tidak kalah banyak dari para pesaing online shop lainnya.

BACA JUGA:  Pernikahan Dini Menurut Pandangan Islam: Maraknya Pernikahan Dini Karena Pergaulan Bebas

Shoppe hadir dengan metode terintegrasi dengan dukungan logistik yang memiliki metode pembayaran yang aman dan nyaman. Sehingga membuat belanja online menjadi mudah, baik bagi penjual maupun pembeli. Kesuksesan Shoppe di Singapura diikuti dengan ekspansi Shoppe ke berbagai negara tetangga lainnya seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Taiwan dan Filipina.

Shoppe diperkenalkan pertama kalinya sebagai pasar Customer to Customer (C2C) namun kemudian beralih menjadi model hibrid dan saat ini Shoppe dijadikan sebagai Business to Customer (B2C). Sejak awal peluncurannya sebagai Shoppe Maal dan menjadi platform toko online yang memiliki brand ternama, kini Shoppe telah memiliki mitra bisnis mencapai lebih dari 70 penyedia layanan kurir terbaik yang ada diseluruh negara dan menyediakan berbagai dukungan logistik untuk semua penggunanya.

Shoppe cukup gencar dalam mempromosikan layanannya di Indonesia khususnya layanan bebas ongkos kirim, sehingga banyak minat konsumen. Selain itu, banyak upaya dilakukan Shopee untuk memperkecil jarak dengan e-commerce lain yang sudah bermain lama di Indonesia. Mulai dari kampanye mobile shopping10.10, penguatan pada komunitas penjualnya, dan strategi lainnya. Dengan program-program, kampanye, dan promosi yang dilakukan, Shoppe berhasil menduduki 5 besar e-commerce dengan jumlah pengunjung terbanyak.

BACA JUGA:  Asuransi Syariah sebagai Alternatif Instrumen Proteksi Keuangan Keluarga

Strategi komunikasi bisnis yang dilakukan Shoppe juga adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan memberikan info yang detail tentang harga, kualitas produk, spesifikasi, garansi dan yang lainnya dengan pelayanan yang terbaik. Selain itu, Free Delivery (gratis ongkos kirim) adalah salah satu metode pelayanan kepada pelanggan yang dilakukan Shoppe. Teknik ini cukup ampuh digunakan untuk menarik konsumen membeli produk kita. Shoppe, adalah salah satu online shop yang menggunakan metode ini. Peningkatan kualitas pelayanan menjadi nomor satu bagi Shoppe. Setiap pengunjung diposisikan seperti seorang raja. Segala keluhan akan diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

PUSPITA ANGGRAINI
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
UNIVERSITAS PAMULANG

Pos terkait