Sukses Berbisnis dengan Menerapkan Strategi Pemasaran AIDA

DEPOK POS – Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Strategi pemasaran yang baik akan memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang per1u dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap peluang pada beberapa sasaran pasar.

Strategi pemasaran yang tepat merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usahanya.

Salah satu strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk sukses dalam berbisnis yaitu dengan menerapkan Model Pemasaran AIDA.

Apa itu model pemasaran AIDA?

AIDA adalah singkatan dari Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (keinginan), dan Action (tindakan).

Konsep AIDA merupakan suatu pesan yang menyampaikan akan kualitas dari pesan yang baik yang harus mendapatkan perhatian, menjadi ketertarikan, mengubah menjadi minat, mengambil tindakan.

BACA JUGA:  Pengertian Jual Beli Sharf

Pemasaran AIDA dicetuskan oleh Elias St. Elmo Lewis pada tahun 1898. Model AIDA adalah salah satu ide sukses Lewis dalam memberi terobosan strategi marketing.

Dalam model ini Lewis berkeyakinan bahwa teknik pemasaran harus mampu menciptakan ketertarikan atau menarik minat pembeli (konsumen). Selain itu, produk dan iklan yang diiklankan harus mampu mempertahankan minat, sehingga muncul keinginan dan tindakan untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Implementasi Konsep AIDA

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai konsep pemasaran AIDA ;
Attention (perhatian)

Tahapan yang pertama dalam konsep AIDA adalah menciptakan kesadaran atau ketertarikan terhadap merek dan produk/jasa yang dijual. Pada tahap ini tujuannya untuk membuat konsumen/pelanggan sadar pada produk yang dijual.

BACA JUGA:  Hidup Menjadi Medioker, Baik atau Buruk?

Pebisnis harus mampu menarik perhatian konsumen dengan menciptakan inovasi yang kreatif untuk memperkuat karakter produk yang dipasarkan.

Interest (minat)

Setelah menciptakan kesadaran konsumen akan produk yang dijual, tahap yang kedua yaitu menciptakan minat calon pembeli.

Pada tahap ini sampaikan pesan terpenting yang ingin dikomunikasikan kepada konsumen agar menciptakan minat konsumen kepada produk yang ditawarkan.

Sajikan keunggulan dari produk atau jasa yang ditawarkan dan bagaimana produk tersebut dapat memberikan solusi bagi calon pembeli.

Contohnya Perusahaan AQUA, ia menyampaikan pesan penting kepada konsumen bahwa produk air mineral yang mereka jual yaitu berasal dari air pegunungan. Dengan pesan penting tersebut diharapkan akan menciptakan minat konsumen.

BACA JUGA:  Kenali Dampak Psikologis Nikah Muda

Desire (keinginan)

Setelah menimbulkan suatu ketertarikan/minat maka langkah selanjutnya adalah menggerakan keinginan konsumen untuk mencoba, mendapatkan dan menikmati produk yang dijual.
Pada tahap ini penting untuk membantu pelanggan menyadari mengapa mereka membutuhkan produk yang dijual. Yakinkan pelanggan tentang produk yang dijual, agar mereka ingin/mau menggunakan produk tersebut.

Action (tindakan)

Tahap yang terakhir dari konsep AIDA adalah tindakan/aksi dimana pembeli telah memutuskan untuk membeli produk yang dijual.

Lakukan pemasaran yang menimbulkan rasa urgensi untuk memotivasi konsumen mengambil tindakan sekarang juga (membeli barang tersebut sekarang juga). Caranya yaitu bisa dengan membuat penawaran terbatas. Misal 100 pembeli pertama mendapat diskon produk 50%.

Mutiara Pertiwi Widodo
Mahasiswa Universitas Pamulang,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi S1 Akuntansi

Pos terkait