Syiar Ramadhan di Masjid UI

DEPOKPOS – Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia (UI) yang berada di Kampus Depok, selama Ramadan tahun ini mengadakan berbagai event. Pada Sabtu lalu (25 Maret 2023), misalnya, masjid diramaikan oleh pengunjung yang datang untuk mengikuti syiar Ramadan. Sekalipun hujan, namun tidak menyurutkan animo mahasiswa dan sivitas akademika UI untuk hadir mendengarkan syiar di masjid.

Acara dibuka dengan penampilan hadrah dari pesantren Al-Hikam, Kukusan, Depok, yang melantunkan beberapa syair shalawat. Setelah itu dilanjutkan tausiyah budaya oleh Dr. Ngatawi al-Zastrouw, Kepala Makara Art Center UI. Dalam tausiyahnya, Dr. Zastrouw menyatakan bahwa syiar Ramadhan merupakan bentuk ibadah ghairu mahdhah yaitu ibadah yang tidak ada petunjuk pelaksanaan dan teknis secara jelas dalam nash (teks).

BACA JUGA:  Psikolog UI: Anak Perlu Miliki Growth Mindset dan Self Control

Ibadah jenis ini memberikan ruang bagi umat Islam untuk melakukan inovasi. Para ulama, khususnya ulama Nusantara, telah memberikan contoh dalam melakukan inovasi dalam ibadah ghairu mahdhah ini sebagaimana tercermin dalam tradisi halal bi halal, buka bersama, imsak dan sejenisnya, termasuk pelaksanaan syiar Ramadhan. Selanjutnya Zastrouw menyatakan, melalui inovasi kreatif seperti ini ajaran Islam dapat diterima dengan mudah dan penuh suka cita oleh bangsa Nusantara hingga lestari sampai saat ini.

BACA JUGA:  Kronologi 93 Mahasiswa UNJ Terjebak jadi Korban Perdagangan Orang

Acara ini dibuka oleh Ketua Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus UI Depok, KH. Ahmad Solechan. Dalam sambutannya KH. Achmad Solechan menyampaikan bahwa masjid Ukhuwah Islamiyah telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, baik dalam bentuk kajian Islam, gerakan sosial maupun gelar budaya. Semua ini di maksudkan untuk menanamkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan menumbuhkan sikap moderat, kreatif dan inovatif dalam beragama.

“Alhamdulillah kegiatan yang diselenggarakan Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus UI Depok mendapat respon positif dari masyarakat. Namun demikian kami tetap mengajak sivitas akademika UI untuk tetap intens berpartisipasi agar lebih syiar,” kata KH. Achmad Solechan.

BACA JUGA:  UGM dan Kyushu University Kerja Sama Pertukaran Mahasiswa dan Publikasi Riset

Acara pembukaan syiar Ramadhan Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus UI ini juga dihadiri oleh staf Khusus Menteri Agama bidang Komunikasi dan Media, Prasetyo Wibowo; Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, H. Syukri Ahmad Fanani beserta ratusan jamaah dari elemen sivitas akademika UI dan masyarakat umum.

Selain gelar seni shalawat dan tausiyah budaya, syiar Ramadhan masjid UI Depok juga dimeriahkan keberadaan stand kuliner yg ada di sekitar masjid. Acara syiar Ramadhan masjid UI ini akan berlangsung setiap hari selama bulan Ramadhan dengan berbagai agenda kegiatan yang menarik.

Pos terkait