Tanah Karo Ungkap Kasus Pencurian, Amankan Empat Pelaku, Satu Diantaranya Residivis

MJ, Karo – Polres Tanah Karo menggelar Press Release berbagai kasus pencurian, berhasil diungkap Satuan Reserse Kriminal Polres Tanah Karo, dipimpin oleh Kapolres Tanah Karo AKBP.Wahyudi Rahman, S.H., S.IK., M.M., di Ruang Gelar Perkara Satreskrim Polres Tanah Karo. (4/3)

Kapolres Tanah Karo, menjelaskan, personelnya dari Satreskrim, mengungkap tiga kasus pencurian sejak Desember 2023 sampai awal 2024,

Satreskrim Polres Tanah Karo, mengungkap dan mengamankan pelaku serta barang bukti dari khusus kejahatan pencurian 3 “C, sampai awal tahun 2024,” kata Kapolres.

Salah satu kasus berupa pencurian kendaraan roda empat, yang terjadi pada hari, Kamis (28/12/2023) sekira pukul 04.10 WIB di Jalan Pasar Baru Kelurahan Padang Mas Kabanjahe.

Kapolres sampaikan, dari hasil lidik atas kasus pencurian, bersama tim Satrrskrim sudah mengamankan tiga pelaku yakni HSL (35), DS (29) dan DST (28), bersama barang bukti satu unit mobil Isuzu Traga milik korban,

BACA JUGA:  Kapolres Tulang Bawang Bersama Forkopimda Tinjau Langsung Sejumlah TPS Pada Pemilu 2024

Modus kejahatan oleh pelaku berinisial HSL salah satu rekanan kerja korban dengan sengaja mengambil kunci duplikat mobil milik korban, kemudian pelaku HSL memberikan kunci tersebut ke DST, akhirnya semua pelaku mencuri mobil tersebut saat korban memarkirkan mobilnya di TKP.

Dari beberapa informasi masyarakat yang dihimpun, tim Satreskrim Polres Tanah Karo akhirnya berhasil mengungkap semua pelaku, dan ketiga pelaku berhasil diamankan pada hari, Jumat (09/02/24),”ujar Wahyudi.

Dengan barang bukti satu unit roda empat milik korban, petugas berhasil mengungkap kasus tersebut dari petunjuk, yang sebelumnya berinisial DS memposting barang curian itu di jejaring sosial untuk dijual kembali.

BACA JUGA:  Grobogan Purwodadi Terus Dilanda Banjir, Berikut Daftar Wilayah yang Masih Terdampak

Selain kasus pecurian mobil itu, petugas juga kembali mengungkap kasus pencurian satu unit sepeda motor dan dua unit laptop dengan korban yang berbeda dan satu pelaku residivis dalam kasus yang serupa.

Petugas juga mengamankan seorang residivis inisial BGGM (21), melakukan pencurian yang merugikan dua korban di tempat terpisah,”tambah Kapolres Wahyudi.

Oleh aksi pelaku BGGM, pada hari, selasa (20/02/2024) di Klinik Bakti Murni Kabanjahe pelaku melancarkan aksinya mencuri dua unit laptop,

Pada hari, Kamis (22/02/2024) di Jalan Sudirman, Gg.Ay-ay Kelurahan Gung Letto Kabanjahe pelaku kembali melakukan aksinya dengan menggondol satu unit sepeda motor roda dua.

Dari hasil lidik, petugas berhasil mengungkap identitas pelaku yang ternyata seorang laki-laki residivis inisial BGGM dengan kasus yang serupa, inisial BGGM di amankan petugas pada malam hari di Jalan Lingkar Kabanjahe.

BACA JUGA:  Wakapolres Pematangsiantar Hadiri Pelepasan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024

Dari tangan pelaku inisial BGGM petugas amankan barang bukti diduga hasil curian satu unit sepeda motor honda vario dua unit laptop masing-masing merk Acer dan Asus, yang sebelumnya sempat disimpan pelaku di Bandar Baru Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.

Dalam penjelasan Kapolres, keempat pelaku sudah di tahan di RTP Mapolres Tanah Karo, untuk tahapan penyelidikan kasus pencurian dengan pemberatan pasal 363 ayat (1) ke 4e dan 5e dari KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Semua tersangka Disangkakan pasal sesuai dengan perbuatannya, Untuk pelaku pencurian dua kali menjalani dua Laporan Polisi (LP) dengan kasus pencurian”, tutup Kapolres.

Pos terkait