Telkomsel Tuntaskan Upgrade Layanan 3G ke 4G di 504 Kota/Kabupaten Wilayah Indonesia

DEPOKPOS – Telkomsel telah memastikan hadirnya pemerataan dan kesetaraan akses jaringan broadband terdepan hingga pelosok negeri melalui proses peningkatan/pengalihan (upgrade) seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia. Proses yang dimulai pada Maret 2022 lalu, secara bertahap dan terukur telah dirampungkan pada Juni 2023 dengan mengalihkan teknologi jaringan 3G pada lebih dari 49 ribu BTS ke 4G/LTE.

Kini lebih dari 96 persen wilayah populasi di Indonesia sudah terlayani jaringan 4G/LTE Telkomsel. Melalui upaya tersebut, Telkomsel terus memperkuat perannya sebagai leading digital telco company yang senantiasa menghadirkan konektivitas digital terdepan melalui layanan dan solusi digital inovatif kelas dunia yang melebihi ekspektasi para pengguna, menciptakan nilai lebih bagi para stakeholders, sekaligus mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi bangsa.

Dengan telah dirampungkannya peningkatan/pengalihan (upgrade) di seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM 4G sebesar 84 persen (YoY), yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14 persen (YoY).

Selain itu, dengan semakin meratanya jaringan broadband 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia, Telkomsel juga mencatatkan adanya persentase peningkatan jumlah device yang bermigrasi ke device 4G, yakni sebanyak 51 persen (YoY).

Seluruh peningkatan tersebut tak terlepas dari rangkaian inisiatif Telkomsel dalam menghadirkan kemudahan bagi seluruh pelanggan yang ingin menukarkan atau mengganti kartu non-4G ke uSIM 4G melalui sejumlah kanal layanan pelanggan, serta memberikan beragam penawaran program dan produk menarik, mulai dari promo tambahan kuota data 4G/LTE hingga program bundling smartphone 4G yang lebih terjangkau.

BACA JUGA:  Huawei Luncurkan MatePad SE Kids Edition, Tablet Aman Sahabat Anak

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, Wayan Toni Supriyanto menyampaikan, ”Bapak Presiden telah menetapkan percepatan transformasi digital sebagai salah satu program prioritas.

Salah satu kunci percepatan transformasi digital di Indonesia adalah perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dalam bentuk pemerataan jaringan telekomunikasi. Untuk mewujudkan arahan tersebut, diperlukan upaya kolaboratif antar sektor, termasuk sektor telekomunikasi. Ditjen PPI selaku regulator mengapresiasi keberhasilan Telkomsel menuntaskan peningkatan seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia.

Komitmen Telkomsel yang sejalan dengan program pemerintah untuk percepatan transformasi digital diharapkan dapat memberikan pengalaman internet yang lebih cepat, stabil, dan andal bagi seluruh masyarakat, sekaligus mendukung pertumbuhan inklusi ekonomi digital Indonesia. Ditjen PPI melalui Pusat Monitoring Telekomunikasi akan terus bekerja sama dengan seluruh operator untuk meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi kepada masyarakat.”

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, “Sejak tahap awal peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga telah dirampungkannya di bulan ini, Telkomsel senantiasa memprioritaskan kenyamanan pengalaman aktivitas digital seluruh pelanggan selama rangkaian proses berlangsung.

BACA JUGA:  Samsung Galaxy A23 5G dengan RAM 8GB Pastikan Performa Lebih Lancar

Kami menyampaikan rasa syukur serta apresiasi yang luar biasa atas kepercayaan para pelanggan, serta dukungan yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, sehingga seluruh proses peningkatan/pengalihan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten yang Telkomsel lakukan berjalan dengan lancar, tanpa kendala yang berarti.

Telkomsel optimis, melalui upaya peningkatan layanan jaringan tersebut akan semakin meningkatkan pengalaman gaya hidup digital masyarakat, sehingga dapat membuka berbagai potensi kemajuan di berbagai aspek kehidupan, serta mendorong percepatan transformasi perekonomian nasional melalui pemanfaatan konektivitas digital terkini yang merata dan setara hingga pelosok negeri.”

Keberhasilan Telkomsel dalam melakukan seluruh proses peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten didukung oleh komitmen perusahaan, mulai dari tahap awal pengkajian, perencanaan dan persiapan yang matang, hingga kelancaran pelaksanaan proses yang telah dilakukan. Seluruh upaya tersebut mencakup dari kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung, penguatan ekosistem layanan yang mendukung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia.

Selain itu, guna menghadirkan beragam pengalaman aktivitas gaya hidup digital yang lebih seamless dan nyaman bagi seluruh pelanggan, Telkomsel juga terus melakukan peningkatan kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi di seluruh jaringannya.

BACA JUGA:  Galaxy Campus Hadir di Jakarta, Bandung, dan Surabaya!

Salah satunya dengan memperkuat kapabilitas pemanfaatan teknologi VoLTE yang dapat memberikan layanan telepon dengan basis jaringan 4G/LTE, di mana pelanggan dapat menggunakan internet tanpa terputus baik itu browsing, bermain game, dan video streaming saat melakukan panggilan telepon. Hingga saat ini layanan VoLTE telah tersedia di lebih dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone dari berbagai brand ternama.

Nugroho menambahkan, Telkomsel juga terus mengajak pelanggan segmen korporasi/enterprise serta industri yang memiliki layanan Machine-to-Machine (M2M), seperti perangkat Electronic Data Capture (EDC) untuk layanan perbankan atau pembayaran elektronik, serta perangkat berbasis Internet of Things (IoT) yang harus terhubung dengan jaringan broadband, untuk dapat melakukan percepatan migrasi perangkat ke teknologi yang mendukung jaringan 4G/LTE Telkomsel. Percepatan tersebut akan memberikan kepastian pemanfaatan layanan dari perangkat yang disediakan agar dapat beroperasi lebih optimal melalui dukungan jaringan broadband 4G/LTE dari Telkomsel.

Langkah strategis Telkomsel yang konsisten menghadirkan kapabilitas jaringan broadband terdepan, salah satunya melalui peningkatan kualitas, kapasitas, dan optimalisasi kapabilitas jaringan dengan pemutakhiran pemerataan teknologi 4G/LTE mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dari Ookla® Speedtest Awards™ 2022 untuk performansi jaringan Telkomsel selama kuartal Q3-Q4 2022, yakni untuk Kategori Fastest Mobile Network, Best Mobile Coverage, dan Best Mobile Network.

Pos terkait