Tim Gabungan Reskrim Polresta Barelang dan Polsek Sekupang Tangkap Pelaku Penjambretan di Jalan Sei Temiang

Tim Gabungan Reskrim Polresta Barelang dan Polsek Sekupang Tangkap Pelaku Penjambretan di Jalan Sei Temiang

MJ. Batam – Tim Opsnal Jatanras Satreskrim Polresta Barelang bersama dengan Reskrim Polsek Sekupang berhasil mengamankan tiga pelaku pencurian dengan kekerasan atau penjambretan.

Ketiga pelaku tersebut adalah MA (33), MI (21), dan MRP (24), yang ditangkap setelah polisi mendapatkan informasi dari masyarakat terkait keberadaan mereka.

“Benar, ketiga pelaku diamankan di tiga lokasi berbeda pada 13 Juni. Dua di antaranya adalah pelaku pencurian, dan satu orang pelaku membantu pertolongan perbuatan jahat,” ungkap Kapolresta Barelang Kombes Pol Dr. Nugroho Tri. N., SIK, MH yang diwakili Kapolsek Sekupang Kompol Benhur Gultom SE. MM, pada Selasa (18/6/2024).

BACA JUGA:  Perayaan Idul Adha 1445 H di Lapas Kelas IIA Pematangsiantar: Shalat Berjamaah dan Penyembelihan Hewan Qurban

Kompol Benhur Gultom menjelaskan peran masing-masing pelaku. MA berperan sebagai eksekutor penjambretan, sedangkan MI membantu melakukan pencurian di Jalan Diponegoro, Sei Temiang beberapa waktu lalu. Sementara itu, MRP merupakan pembeli handphone hasil curian dan dikenai tindak pidana pertolongan jahat.

“Menurut keterangan MA, barang yang diambil berupa handphone dijual kepada MRP seharga Rp 800 ribu,” jelasnya.

Kasus ini bermula pada 13 Mei ketika korban, yang berinisial W dan merupakan seorang guru Taman Kanak-Kanak, hendak melakukan perjalanan dari salah satu TK di Batuaji ke kantor dinas pendidikan di Sekupang.

BACA JUGA:  Ketua DPW PKB Jawa Barat, H. Syaiful Huda, Matangkan Diskusi Calon Bupati Cirebon: Drs. Didit Mulyadi, M.A Jadi Unggulan

Di tengah perjalanan, dari arah belakang, ada dua pelaku yang mengikuti motor yang dikemudikan oleh W. Ketika situasi jalan sepi, kedua pelaku mendekati korban dan langsung menarik tas korban yang diletakkan di gantungan motor.

Tidak butuh waktu lama, tas milik korban raib. Korban sempat berteriak meminta tolong dan mencoba mengejar pelaku, namun pelaku kabur dengan kencang.

BACA JUGA:  Tanah Karo Ungkap Kasus Pencurian, Amankan Empat Pelaku, Satu Diantaranya Residivis

Akibat tindakan para pelaku, korban mengalami kerugian berupa 1 unit handphone Samsung A54, uang tunai sebesar Rp 900 ribu, dan beberapa dokumen penting seperti buku tabungan anak, 1 kartu pegawai, 2 kartu STM, KTP korban, kartu BPJS, kartu PGRI, dan stempel sekolah.

Selain mengamankan 3 pelaku, pihak kepolisian juga menyita sejumlah barang bukti, termasuk 1 unit sepeda motor Vario BP 3675 PR yang digunakan sebagai sarana pencurian, 1 helm, tas, dan handphone Samsung milik korban.

Pos terkait