Timnas U20 Ditargetkan Lolos Fase Grup

Indra Sjafri menilai timnas U20 menunjukkan perbaikan performa

DEPOKPOS – Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir menargetkan tim nasional sepak bola U20 lolos babak penyisihan grup Piala Dunia U20 yang bakal berlangsung di enam kota/kabupaten di Indonesia pada 20 Mei 2023–11 Juni 2023.

“(Target) tanya Coach Shin Tae-yong, tetapi kalau saya sudah menargetkan timnas bisa lolos grup,” kata Erick Thohir menjawab pertanyaan media selepas meninjau Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali, Minggu (12/3).

Ia menyampaikan saat ini Uzbekistan dan Irak telah mengantongi tiket mewakili Asia untuk Piala Dunia U20 di Indonesia.

“Yang sekarang lolos AFC (Piala Asia U20) untuk main Piala Dunia itu Uzbekistan dan Irak. Itu satu grup sama tim Indonesia,” kata Ketum PSSI.

Ia menyampaikan timnas U20 Indonesia di Piala Asia U20 mampu menahan imbang Uzbekistan 0-0, tetapi sempat kecolongan dua gol saat menghadapi Irak.

BACA JUGA:  Real Madrid Pede Bisa Atasi Manchester City

“Kita mungkin belum panas, mesin diesel. Jadi kecolongan 2-0, tetapi kita sama Syria (Suriah, red.) menang 1-0. Sekarang yang lolos Uzbekistan dan Irak, tinggal satu lagi kita tunggu,” kata dia.

Ia pun optimistis timnas sepak bola U20 Indonesia dapat mengukir prestasi di kompetisi sepak bola tingkat dunia selama ada persiapan yang konsisten dan matang.

“Artinya, kalau kita mau mempersiapkan timnas kita seserius mungkin, ya kita bikin TC (pemusatan latihan, red.) jangka panjang. Kita bisa lebih baik. Ini harus saling menyatu programnya,” kata Erick Thohir.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri minggu lalu (8/3) menilai timnas U20 menunjukkan perbaikan performa terutama setelah mereka melakoni tiga pertandingan Grup A Piala Asia U20 di Uzbekistan.

BACA JUGA:  Terima Audiensi Chairman Jababeka Tbk, Menpora Dito Dukung Pengembangan KEK Bidang Olahraga

“Saya melihat ada peningkatan kualitas dari pertandingan pertama, kedua dan ketiga,” kata Indra di Jakarta minggu lalu.

Indonesia tersingkir di Piala Asia U20 setelah kalah selisih gol (-1) dari peringkat kedua Irak (+1), meskipun dua tim sama-sama mengantongi 4 poin dari tiga laga. Irak lolos ke perempat final Piala Asia U20 2023 bersama pemuncak klasemen Grup A Uzbekistan yang berpoin tujuh dari tiga pertandingan.

Terlepas tersingkir dari Piala Asia U20, Indra menyampaikan timnas akan menjalani TC di Korea Selatan. Pemusatan latihan itu merupakan persiapan timnas U20 mengikuti Piala Dunia U20 (FIFA U20 World Cup Indonesia 2023).

“Awalnya pelatih Shin Tae-yong meminta TC di Belanda. Namun, diubah ke Korea Selatan. Alasan spesifiknya saya tidak tahu, tetapi situasi Korea Selatan memang bagus untuk meningkatkan kondisi fisik. Para pemain juga sudah terbiasa berlatih di sana,” kata Indra Sjafri.

BACA JUGA:  Real Madrid Bungkam Chelsea di Bernabeu

Setidaknya ada 24 negara yang akan memperebutkan gelar juara di Piala Dunia U20 tahun ini, tetapi sejauh ini baru ada 20 negara yang dipastikan bertanding, yaitu Indonesia selaku tuan rumah, Republik Dominika (CONCACAF), Guatemala (CONCACAF), Honduras (CONCACAF), Amerika Serikat (CONCACAF), Inggris (UEFA), Prancis (UEFA), Israel (UEFA), Italia (UEFA), Slovakia (UEFA), Fiji (OFC), Selandia Baru (OFC), Brazil (CONMEBOL), Uruguay (CONMEBOL), Kolombia (CONMEBOL), Ekuador (CONMEBOL), Gambia (CAF), Nigeria (CAF), Senegal (CAF), dan Tunisia (CAF).

Tahapan pengundian (official drawing) Piala Dunia U20 dijadwalkan berlangsung di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Art Center, Denpasar, Bali pada 31 Maret 2023.

“Kita berdoa kocokannya (pengundiannya, red.) bagus, timnas di grup yang bagus,” kata Ketum PSSI.

Pos terkait