Tindaklanjuti Rakordal Pusat, Kemenkumham Jatim Gelar Raker di Wilayah

MJ, Jatim – Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar Rapat Kerja Evaluasi Capaian Kinerja dan Refleksi Akhir Tahun 2023. Kegiatan yang digelar di Amartha Hills, Batu itu rencananya akan berlangsung pada 18-20 Desember 2023.

Kegiatan dimulai pagi ini dengan diawali arahan dari Steering Committee yang juga Kadiv Administrasi Saefur Rochim. Dia menyampaikan salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk menindaklanjuti hasil dari Rapat Koordinasi Pengendalian Kinerja dan Refleksi Akhir Tahun 2023 serta Penyusunan Target Kinerja Tahun 2024 (Rakordal) yang digelar di Jakarta beberapa waktu lalu. Peserta raker merupakan pejabat struktural kanwil dan kepala UPT.

BACA JUGA:  Pulang dari Jakarta, Warga Desa Metegeng Meninggal di Depan Pasar Segamas

“Kami berharap, hasil rapat yang dihadiri Pimti Pratama di Jakarta beberapa waktu lalu, dapat diketahui dan menjadi dasar kepala UPT untuk berkinerja ke depannya,” terang Rochim.

Pria asli Tuban itu menerangkan bahwa kunci keberhasilan terletak pada kemampuan kita untuk tidak hanya merencanakan dan menetapkan tujuan. Tetapi juga dalam pengendalian kinerja secara konsisten.

“Dalam pengendalian, kita temukan kekuatan untuk mengarahkan langkah-langkah menuju pencapaian setiap target,” tuturnya.

Rochim menjabarkan, dengan menyelenggarakan rapat ini, diharapkan Kanwil Kemenkumham Jatim dapat lebih efektif dalam memastikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengelola UPT secara optimal.

BACA JUGA:  Ketua AMI Minta KPK Segera Periksa Sekda Lamongan Dan Ketua DPRD Lamongan Priode 2017

“Bagi satker yang punya komitmen pada dukungan manajemen, maka dalam kinerjanya pasti tingkat akuntabilitasnya tinggi,” tegasnya.

Tidak itu saja, Rochim berharap agar pimti pratama sebagai pelaksana kebijakan tidak hanya berhenti pada output. Namun harus mulai memikirkan sampai outcome dan impact.

“Kalau berhenti pada output, maka hanya berhenti pada acara rapat dan dokumentasi, kami tidak ingin seperti itu, harus ada dampak yang bisa diukur secara konkrit,” urai Rochim.

Selain itu, Rochim menekankan pentingnya identifikasi masalah yang berdampak pada pencapaian kinerja. Selanjutnya, penyusunan rencana aksi 2024 yang rigid dan detail menjadi kunci keberhasilan yang sangat penting.

BACA JUGA:  Pendiri FWJ Indonesia Apresiasi Komnas HAM Perjuangkan Amnesty Yahdi Basma

“Kami mengundang kepala UPT agar bisa berpartisipasi dan menentukan target serta hasil akhir keberhasilan secara mufakat,” terangnya.

Selanjutnya, untuk lebih menegaskan teknis pelaksanaan percepatan realisasi target kinerja, acara dilanjutkan paparan dari setiap Subbagian pada Divisi Administrasi. Mulai terkait Subbagian Perencanaan dan Pelaporan, Subbagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi, Subbagian Kepagawaian, Rumah Tangga dan Tata Usaha hingga Subbagian Pengelolaan Keuangan dan BMN.

Humas Kemenkumham Jatim

Pos terkait