Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik, Kemenpora Gelar Rapat Pembentukan Struktur PPID dan SP4N LAPOR!

MJ, Jakarta – Peningkatan indeks keterbukaan informasi publik (KIP) menjadi perhatian serius Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI). Karenanya diawal 2024 ini jajaran Kemenpora RI menggelar Rapat Pembentukan Struktur PPID dan SP4N LAPOR!, Selasa (23/1) pagi.

Sekretaris Kemenpora RI (Sesmenpora RI) Gunawan Suswantoro memimpin langsung agenda yang bertempat di ruang rapat lantai 3 Graha Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3, Senayan. Dalam arahannya saat membuka rapat, Sesmenpora mengharapkan adanya peningkatan dalam monitoring dan evaluasi (Monev) atau penilaian KIP Kemenpora di 2024 ini.

“Tahun lalu kita berhasil masuk ke peringkat lima besar dari seluruh kementerian yang dinilai. Target kita tahun ini kalau bisa masuk tiga besar,” ungkap Sesmenpora Gunawan.

BACA JUGA:  Lepas Jalan Santai Hari Santri Nasional 2023, Gus Yahya : Jihad Santri Jayakan Negeri

Karena itulah menurut Sesmenpora, rapat pembentukan struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan juga Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) ini penting untuk dilakukan. Supaya para pimpinan dan jajaran Kemenpora terkait bisa mengetahui serta memahami apa-apa saja yang perlu dilakukan guna mencapai target tersebut.

“Kita mesti bersyukur atas pencapaian tahun lalu di mana Kemenpora bisa meloncat luar biasa mendapatkan predikat informatif di peringkat lima. Untuk mempertahankan dan menuju tiga besar itu, tentunya tahun ini kita mesti punya novelty, pembaruan yang mesti dipersiapkan struktur dan infrastrukturnya,” papar Sesmenpora Gunawan.

BACA JUGA:  ELKANANDA SHAH SE Minta : Pemkab Simalungun Harus Bayar Gaji PANGULU, Jika Tidak Akan Laporkan Ke Ombusman dan KOMNAS HAM RI.

Karenanya Sesmenpora mengapresiasi langkah Biro Humas dan Umum Kemenpora yang menginisiasi rapat ini dengan mengundang pimpinan biro-biro di kesekretariatan Kemenpora serta pejabat dan perwakilan kedeputian juga inspektorat.

Menurut Sesmenpora Gunawan, sudah menjadi kewajiban Kemenpora sebagai salah satu kementerian di lingkungan pemerintahan untuk transparan dan serius mewujudkan KIP. Sebagaimana visi Menpora Dito Ariotedjo bahwa Kemenpora harus terus menjadi lembaga yang akuntabel dan informatif, serta berorientasi pada pemberdayaan pemuda dan peningkatan prestasi olahraga Indonesia.

“Nah visi itu kita upayakan bersama untuk bisa kita wujudkan. Alhamdulillah satu per satu dari visi itu sudah kita wujudkan,” ujar Sesmenpora.

BACA JUGA:  Refleksi Maulid Nabi, WBP Rutan Perempuan Surabaya Teladani Akhlak Rasulullah

Sejumlah hal berkaitan PPID, SP4N LAPOR!, serta KIP dibahas dalam rapat ini. Meliputi penyusunan SK PPID Tahun 2024 dan SK LAPOR Tahun 2024, pembangunan website PPID terintegrasi, pemutakhiran DIP dan usulan DIK, serta novelty dan inovasi pengelolaan PPID.

Tenaga Ahli Komisi Informasi (KI) Pusat Fathul Ulum hadir dalam rapat ini guna memberikan penjelasan serta masukan perihal persiapan penilaian KIP di 2024. Adapun pejabat eselon II Kemenpora yang hadir meliputi Kepala Biro Humas dan Umum Triyono, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Sri Wahyuni, Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama Sanusi, serta Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Aris Subiyono.

Pos terkait