5 Tips Ampuh Agar Baterai iPhone Tahan Lama

Setiap baterai ponsel tentunya memiliki batas kesehatannya, tidak terkecuali baterai iPhone.

DEPOKPOS Battery Health atau biasa disebut dengan BH ini merupakan salah satu fitur yang terdapat pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan Apple Watch.

Fitur Battery Health ini berfungsi agar para pengguna perangkat iPhone dapat mengetahui kondisi dari baterai yang tertanam di dalamnya dalam bentuk persenan angka.

Setiap baterai ponsel tentunya memiliki batas kesehatannya, tidak terkecuali baterai iPhone. Semakin lama penggunaan baterai, maka kesehatan baterai juga bisa berpotensi menurun.

Jika usia baterai sudah lama, maka akan mempengaruhi besar kecilnya durasi pemakaian baterai sebelum pengisian daya.

Misalnya, iPhone Anda dulu dapat dipakai selama 4 jam dari persentase daya penuhi hingga kosong. Seiring berjalannya waktu, penggunaan baterai Anda kini hanya bisa dipakai selama 2 jam dan sudah harus diisi ulang dayanya.

BACA JUGA:  Telkomsel Ajak Anak Muda Ciptakan Konten Kreatif

Berikut ini beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan agar kesehatan baterai atau Battery Health pada iPhone :

Lakukan Pembaruan Perangkat Lunak Secara Rutin

Pembaruan perangkat lunak atau versi sistem operasi biasanya akan membawa fitur-fitur yang penting untuk iPhone, termasuk di dalamnya fitur yang memungkinkan untuk menjaga kesehatan baterai.

Hindari Suhu Tinggi

Salah satu cara termudah yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mencegah iPhone Anda berada di lingkungan dengan temperatur yang tinggi.

Apple menjelaskan bahwa dalam halaman dukungan mereka, iPhone dirancang untuk bekerja dalam kisaran suhu ruangan antara 16 hingga 22 derajat Celcius.

BACA JUGA:  Samsung Hadirkan Samsung Experience Lounge, Bikin Hidup Lebih Praktis

Lepas Casing Iphone Saat Sedang Mengisi Daya

Mengisi daya iPhone dengan kondisi tertutup casing bisa menumpuk suhu panas yang berlebih, hal ini bisa mempengaruhi kondisi Battery Health.

Jika Anda menyadari perangkat menjadi panas ketika diisi daya, segera keluarkan iPhone dari casing-nya terlebih dahulu.

Pakai Charger Original

Apple selama ini mempunyai program yang disebut dengan MFI atau Made for iPhone/iPad/iPod, yang menawarkan lisensi kepada vendor charger.

Dengan lisensi tersebut, vendor charger pihak ketiga harus lulus uji dan memenuhi persyaratan Apple untuk keamanan dan kompatibilitas untuk mendapatkan sertifikasi MFi.

BACA JUGA:  Cara Mengganti iCloud di iPhone Bekas dengan Aman

Maka dari itu, pastikan saat mengisi daya iPhone menggunakan pengisi daya asli atau bisa juga memakai charger yang bersertifikat MFi untuk iPhone Anda.

Charger original Apple juga mempunyai output daya yang dirancang agar sesuai dengan kemampuan baterai iPhone. Output daya yang tidak sesuai dengan kemampuan baterai bisa cepat merusak kesehatannya.

Jangan Dicas Penuh jika Ingin Simpan iPhone dalam Jangka Waktu Lama

Jika Anda ingin menyimpan iPhone dalam kurun waktu yang lama, jangan isi baterai iPhone Anda sampai full.

Hal ini dikarenakan jika menyimpan iPhone dalam jangka waktu yang lama dengan baterai penuh bisa mengurangi sebagian kapasitas maksimalnya.
.
Muhammad Yahya

Pos terkait