Tips agar Tetap Produktif saat Berpuasa

DEPOKPOS – Ketika menjalankan puasa, kita dilarang untuk makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Selama kurun waktu tersebut, tubuh akan terasa lemas karena tidak mendapat asupan gizi selama berjam-jam setelah sahur. Perubahan terhadap pola makan saat puasa juga mengharuskan tubuh untuk beradaptasi.

Berikut tips agar tetap produktif selama bulan Ramadan.

1. Membuat rencana kegiatan

Meski terkadang merasa lemas, Anda harus menjaga aktivitas sehari-hari supaya bekerja dengan baik. Cara yang mudah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah membuat rencana kegiatan dalam sehari.

BACA JUGA:  Yayasan Amaliah Astra Gelar Lomba Tahfidz Nasional Online dan Kajian Anak

Tentukan pekerjaan yang sekiranya Anda memiliki tingkat kesulitan tinggi yang paling diprioritaskan di pagi hari. Anda bisa memanfaatkan waktu seharian dengan rencana yang sudah dibuat agar tetap produktif.

2. Tetap berolahraga secara rutin

Berpuasa bukan berarti puasa olahraga. Justru berolahraga juga bisa jaga tubuh Anda tetap segar dan bugar, termasuk ketika Anda harus berpuasa.

BACA JUGA:  5 Persiapan Sambut Bulan Suci Ramadhan

Akan tetapi, tentu saja Anda perlu pilih olahraga yang sesuai agar Anda tidak kelelahan saat beraktivitas nantinya. Contohnya dengan memilih olahraga dengan intensitas ringan seperti bersepeda santai, jogging, atau stretching.

Lalu, untuk Anda yang banyak menghabiskan waktu duduk bekerja atau belajar selama berjam-jam setiap hari, Anda bisa lakukan stretching ringan secara rutin dan berkala. Misalnya setiap 2 jam selama 5 menit saja.

BACA JUGA:  Korlantas Polri Melaksanakan Rekayasa Lalu Lintas untuk Mengatasi Volume Tinggi di Tol Jakarta Cikampek

3. Dahulukan pekerjaan penting sebelum tengah hari

Biasakan untuk mendahulukan pekerjaan yang penting di pagi hari ketika energi dan pikiran masih segar. Sebelum jam 1 siang, biasanya cadangan energi dalam tubuh masih cukup sehingga memungkinkan kita untuk lebih fokus dan bekerja secara optimal.

Abdul Djabbar Alfathi

Pos terkait