Tips Belajar Efektif Untuk Mahasiswa

DEPOKPOS – Sebagai mahasiswa kegiatan belajar adalah sebuah rutinitas yang setiap hari kita jalani. Meski belajar adalah kegiatan rutinitas yang kita jalani, terkadang kegiatan belajar adalah hal yang membosankan, membuat kita malas atau bahkan kita sudah sampai di fase pelajaran yang kita pelajari tidak dapat difahami sehingga kita mendapati kesulitan belajar. Hal seperti itu harus kita perbaiki, kita harus membuat pola belajar efektif yang nyaman untuk diri kita sehingga pelajaran yang kita pelajari dapat dengan mudah kita ingat dan pahami. Berikut adalah tips belajar yang efektif khususnya untuk kita sebagai mahasiswa :

1. Buat Suasana Belajar Kita Senyaman Mungkin

Agar kita bisa fokus dalam belajar kita bisa membuat suasana ruangan ataupun tempat kita belajar senyaman mungkin. Jika kita suka dengan suasana yang hening, kita bisa memilih kamar tidur kita dan mengunci rapat kamar tidur kita tersebut selama 2 sampai 3 jam lamanya dengan memberikan pemberitahuan dengan menuliskan kalimat pesan agar kita tidak terganggu yang nantinya diletakan didepan pintu kamar kita. Jika kita justru membutuhkan suasana yang hening akan tetapi harus ditambahkan hiburan sedikit, kita bisa memutar beberapa lagu kesukaan kita dengan volume yang tidak terlalu keras agar bisa tetap fokus dalam materi yang kalian pelajari.

BACA JUGA:  FOMO Mulu, Hati-Hati Stress!

2. Membuat Rangkuman atau Ringkasan

Salah satu hal yang sering menjadi tips para mahasiswa agar lebih mudah menangkap materi apa yang mereka sedang baca ataupun pelajarai, biasanya para mahasiswa membuat ringkasan-ringkasan berupa rangkuman pada setiap kurikulum ataupun bab yang ada dalam buku pelajaran. Kita juga bisa membuat beberapa ringkasan dari hasil belajar kalian sebelumnya, agar lebih mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan yang kita alami dari membuka catatan ataupun hasil yang telah kita dapatkan. Kita dapat menulis pokok-pokok yang pentingnya saja dari soal-soal yang salah ataupun kurang kita pahami, biasanya lebih mudah jika dibuat dengan point-point dan pastinya kita buat dengan kalimat atau bahasa kita sendiri agar kita juga lebih menguasai dan memahaminya.

BACA JUGA:  7 Ciri Seorang Wirausahawan, Anda Termasuk?

3. Pahami Materi Bukan Dihafal

Saat kita mempelajari sebuah materi yang sedang kita hadapi, dianjurkan untuk memahami betul isi materinya tersebut daripada kita menghafalnya. Apabila memahami semua intisari materi tersebut akan jauh lebih menguntungkan untuk kita dalam jangka waktu yang lumayan panjang daripada kita hanya menghafalnya, karena jika kita menghafalnya pastinya kita akan mudah lupa akan materi yang kita pelajari tersebut. Maka, tips dan trik ini harus kita lakukan agar pelajaran yang kita pelajari bermanfaat bukan hanya dalam jangka waktu yang singkat, akan tetapi untuk jangka waktu yang lama.

BACA JUGA:  Kesalahan Umum dalam Mengorganisir Suatu Acara

4. Atur Jadwal Belajar Kita

Dengan membuat jadwal belajar untuk kita sendiri akan membuat diri kita sendiri lebih disiplin. Dengan contohnya yaitu kita bisa membuat jadwal belajar kita setiap hari akan tetapi hanya dua sampai tida jam saja. Saat weekdays senin sampai jumat kalian buat setiap jam 7 sampai jam 9 malam, untuk weekend yaitu sabtu dan minggu kalian buat agak lebih singkat yaitu mulai jam 8 sampai jam 9 pagi. Hal tersebut juga membantu kita dari masalah sistem kebut semalam yang dapat membuat kita bisa pusing, terburu-buru dan kepanikan saat akan belajar untuk menghadapi ujian-ujian yang dadakan nantinya.

Vella Taqiya

Pos terkait