Tips Berkendara Saat Berpuasa

DEPOKPOS – Memasuki bulan Ramadhan anda wajib mengetahui tips berkendara saat berpuasa. Walaupun sedang berpuasa, tetap saja aktivitas sehari hari harus dijalankan dengan baik.

Mobilitas yang padat sepanjang waktu membuat aktivitas berkendara tetap dilakukan. Namun perlu perhatian khusus di dalam kondisi berpuasa saat ini.

Berpuasa dalam jangka waktu belasan jam per hari dapat menyebabkan gula darah rendah dan dehidrasi. Kondisi ini membuat seseorang bisa lebih cepat merasa lelah, fokus berkurang,serta tidak sabar, khususnya dalam berkendara.

Ketika Anda tetap beraktivitas di kala puasa, maka ada pengaruh berbeda di dalam kebiasaan berkendara. Terkadang tingkat fokus dan kewaspadaan menjadi lebih berkurang.

Tentu saja perlu kesadaran diri agar lebih ekstra berhati hati dalam berkendara. Demi bisa menjaga keselamatan diri sendiri dan pengendara lainnya.

BACA JUGA:  Dai Muda Kafda Hidupkan Mushola yang Gelap dan Tidak Terpakai Jadi Terang dan Ramai Mengaji

Beberapa tips berkendara saat berpuasa yaitu.

Istirahat yang Cukup

Tidak dapat dimungkiri, dengan kesibukan yang ada pada saat ini sudah membuat Anda tidak punya banyak waktu untuk istirahat.

Namun dengan ditambah aktivitas puasa satu bulan penuh, jangan sampai istirahat Anda tidak cukup baik. Istirahat yang tidak cukup membuat Anda bisa kehilangan konsentrasi dan fokus dalam berkendara. Kondisi ini sudah pasti sangat berbahaya.

Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup, seperti tidur 7 sampai 9 jam perhari.

Penuh Gizi Selama Berpuasa

BACA JUGA:  Beam Mobility Berhasil Kurangi Emisi Sebanyak 238 Ton CO2 SELAMA 2023

Jangan pernah melupakan asupan makanan yang Anda konsumsi dalam masa puasa. Gizi yang masuk ke dalam tubuh sebaiknya seimbang dan layak untuk memberikan tenaga dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Konsumsi karbohidrat, sayur-sayuran, daging, dan buah-buahan setiap harinya. Selain itu jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen agar semakin melengkapi gizi dalam tubuh.

Hindari Kecepatan Tinggi

Tingkat konsentrasi yang lebih rentan membuat Anda harus menyadari bahwa sebaiknya menghindari kecepatan tinggi dan manuver yang tiba tiba.

Tentu saja hal ini harus dilakukan agar keselamatan bisa tetap terjaga sepanjang perjalanan. Dalam kondisi tidak berpuasa saja tindakan ini sudah berbahaya.

Apalagi jika dilakukan dalam kondisi puasa. Pastinya jauh lebih berbahaya lagi.

BACA JUGA:  Mengajarkan si Kecil Berpuasa Sejak Dini

Jangan Ragu Memilih Transportasi Umum

Jika memang Anda sedang merasa tubuh dalam kondisi kurang fit karena berbagai macam hal. Salah satunya karena istirahat kurang mencukupi.

Kalau harus tetap bepergian, jangan ragu untuk memilih transportasi umum. Pilihan ini jauh lebih baik daripada Anda tetap berkendara padahal keadaan tubuh anda sedang tidak fit.

Tetap Sabar dan Hati Hati dalam Berkendara

Dalam berkendara, Anda harus menyadari bahwa tidak hanya diri sendiri yang sedang berpuasa. Pengendara lain di sekitar Anda pun tentunya sedang puasa juga.

Oleh karena itu, Anda sewajibnya tetap sabar dan hati-hati dalam berkendara.

Muhammad Yahya

Pos terkait