TP PKK Jakpus Gencarkan Budi Daya Bunga Rosella

MAJALAH JAKARTA – Tim Penggerak (TP) PKK Jakarta Pusat tengah menggencarkan budi daya bunga rosella yang telah menjadi ikon wilayah kota setempat sejak 2022 lalu.

Selain cantik, tanaman dengan nama latin hibiscus sabdariffa yang berasal dari Benua Afrika ini juga dikenal memiliki segudang manfaat.

Ketua TP Jakarta Pusat, Ucu Jamilah mengatakan, bunga rosella dipilih karena mempunyai bentuk yang cantik serta kaya manfaat. Sejak 2021 lalu, kader PKK di tingkat kelurahan telah menekuni budi daya tanaman ini.

BACA JUGA:  Aliansi Wartawan Asal Simalungun (AWAS) Minta Pemkab Simalungun Responsif Terhadap Banjir Bandang di Binaga Bolon, UD DAMANIK Di Duga Penyebabnya

Berkat sinergitas bersama Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, budi daya bunga rosella tumbuh subur. Alhasil, pada 2022, budi daya tanaman tersebut sukses meraih hasil panen yang melimpah hingga mampu diolah menjadi bahan dasar makanan.

BACA JUGA:  Green Talks Ayo Less waste “ Mengenal Lebih Dekat Lingkungan Afrika Selatan “

“Pada 2022 kita sekaligus deklarasikan bunga rosella sebagai ikon Kota Jakarta Pusat,” ujar Ucu, Kamis (2/2).

Ia mencontohkan, beragam olahan makanan yang berhasil dikembangkan dari bahan dasar bunga rosella seperti teh celup dam selai roti. Hingga kini, olahan makanan dari tanaman ini masih terus digeluti para kader PKK Jakarta Pusat.

“Setiap ada acara PKK kami pasti selalu pesan makanan olahan dari bunga rosela ini,” katanya.

BACA JUGA:  Aksi Nyata Pelestarian Alam, PT ESL Inisiasi Tanam 50 Pohon Mangrove Bersama Miss Internasional dan SDGS Youth Ambassador

Menurut Ucu, sebagai ikon Kota Jakarta Pusat, bunga rosella juga dipromosikan dalam bentuk motif pada batik, kerudung dan bros dengan menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI.

“Batik, bros dan kerudung motif bunga rosella selalu kami kenakan di setiap acara PKK. Tujuannya sekaligus memperkenalkan ikon Jakarta Pusat,” tandasnya.

Pos terkait