Tradisi Grebeg Apem Meriahkan Kota Jombang Sambut Bulan Suci Ramadhan

MJ. Jombang – Kota Jombang dipenuhi dengan keceriaan dan kehangatan saat tradisi Grebeg Apem kembali digelar untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1445 H. Ribuan warga Jombang memadati alun-alun Kota Jombang untuk meriahkan acara yang telah menjadi bagian dari kekayaan budaya masyarakat Jombang. 8/3/2024

Acara dimulai dengan kirab Grebeg Apem yang diikuti oleh berbagai instansi pemerintah, sekolah Islam, dan lembaga zakat di Kabupaten Jombang. Sebanyak 2.500 peserta berpartisipasi dalam kirab yang dipenuhi dengan nuansa religiusitas, mengiringi perjalanan mereka dengan sholawat yang merdu dan semangat.

BACA JUGA:  Pangkas Birokrasi, Wali Kota Eri Cahyadi Satukan Pelayanan Perizinan Hanya di DPMPTSP

Bupati Jombang, Sugiat. S. Sos.M. Psi.T, turut hadir dalam acara tersebut untuk memberikan apresiasi terhadap tradisi Grebeg Apem yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan menyambut bulan suci Ramadhan. Beliau menekankan pentingnya persiapan jasmani dan rohani bagi seluruh warga Jombang dalam menjalankan ibadah puasa.

BACA JUGA:  Warga Pematang Raya Digegerkan Penemuan Mayat di Kamar; Polsek Raya Beraksi

Menariknya, dalam tradisi Grebeg Apem, bukan sekadar tentang membagi-bagikan kue apem kepada masyarakat, tetapi juga membawa makna filosofis yang mendalam. Kata “apem” yang berasal dari bahasa Arab, mengandung arti meminta maaf atau ampunan kepada Allah SWT. Hal ini mengingatkan semua orang untuk selalu merendahkan diri dihadapan Sang Pencipta dan memperbaiki diri dalam menjalani kehidupan.

BACA JUGA:  Dinilai Berprestasi, 90 Personel Polresta Bandara Soetta dapat Penghargaan

Suasana semakin meriah ketika tumpeng apem dibagikan kepada masyarakat. Grebeg Apem bukan hanya sekadar tradisi, tetapi juga momen untuk mempererat tali silaturahmi dan menambahkan rasa syukur atas segala berkah yang diberikan oleh Allah SWT.

Dengan semangat kebersamaan dan rasa syukur yang menghangatkan, tradisi Grebeg Apem berhasil menciptakan momen yang mempersatukan seluruh masyarakat Jombang dalam menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh kebahagiaan dan kedamaian.

Pos terkait