Tujuh Inovasi Mahasiswa UI Lolos Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha 2023 Kemendikbudristek

DEPOKPOS – Tujuh hasil inovasi mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Jurusan Ilmu Administrasi Niaga, lolos Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023 yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Ketujuh inovasi tersebut adalah MOOV (platform booking secara online lapangan olahraga futsal, badminton, basket, tennis; Discover Jakarta (platform tour wisata menarik di sekitar Jakarta, Tangerang, menawarkan lokasi-lokasi menarik seputar art &culture, culinary, dan Gen-Z spots; Heat Up (pemanas ruangan portable yang bisa dibawa ke mana-mana, dapat menghangatkan ruangan saat cuaca dingin); recloth.id (pakaian daur ulang dari sisa-sisa baju bekas yang diubah menjadi baju baru layak pakai (upcycling); Totem (totebag multifungsi yang memiliki 3 model yaitu totebag, ransel dan tas jinjing); Chicoffe (minuman yang berbahan dari tanaman roots, dengan rasa yang sama seperti minuman kopi, cocok untuk pengganti minuman kopi); dan Labana (makanan padang siap makan, disajikan dengan daging rendang, sapi, kentang goreng balado, dan sambal lado hijau).

BACA JUGA:  VOKASI UI Gaungkan Inovasi Kepemudaan Lewat Ajang PRAction 2023

Peserta seleksi berasal dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, termasuk ketujuh inovasi mahasiswa FIA UI tersebut, yang lolos seleksi subtansi dan justifikasi anggaran oleh P2MW 2023. P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa—yang telah memiliki usaha—melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW. Program ini berlangsung selama delapan bulan dari registrasi pendaftaran yakni pada bulan Februari 2023 hingga proses pendanaan di bulan Oktober 2023.

BACA JUGA:  FHUI Edukasi Pentingnya Perlindungan Konsumen Industri Kripto di Indonesia

Dekan FIA UI sekaligus Koordinator Mata Kuliah Kewirausahaan, Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M., memberikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa serta dosen yang telah bekerja keras, sehingga inovasi-inovasi cerdas yang telah digagas berhasil lolos P2MW 2023 Kemendikbudristek. “Semoga pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa untuk menghasilkan inovasi yang berguna bagi masyarakat,” ujar Prof. Chandra.

BACA JUGA:  Tim UI-SMV Raih Double Winner di Shell Eco-Marathon 2022

Ketujuh inovasi tersebut merupakan hasil pembinaan dalam Mata Kuliah Kewirausahaan oleh Dosen FIA UI, antara lain Dra. Novita Ikasari, M.Comm, Ph.D; Dr. Fibria Indriati, M.Si; Nurul Safitri, S.Sos, M.A; dan Abdul Jabbar, S.I.A, M.Sc. Hasil seleksi P2MW 2023 ini diumumkan pada 19 Juni 2023 lalu oleh Kemendikbudristek. Persiapan yang dilakukan oleh mahasiswa dimulai dari menggagas ide hingga menghasilkan produk-produk yang sebelumnya telah ditampilkan dalam Alley Market FIA UI 2023.

Pos terkait