UI Borong 3 Gelar Peringkat Nasional di Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi

DEPOKPOS – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) mencatat prestasi membanggakan pada Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) tingkat nasional, pada periode kedua tahun 2023. Tiga lulusan dokter gigi FKG UI berhasil menduduki posisi teratas, yaitu drg. Khullat Anees dengan nilai 97,5; dan di posisi kedua berhasil ditempati oleh drg. Yasinta Ayuning Dyah dan drg. Natasya Arsanti dengan mendapatkan nilai yang sama, yaitu 96,67.

UKMP2DG merupakan ujian akhir (exit exam) bagi calon dokter gigi. Seorang dokter diharapkan memiliki kompetensi yang andal dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia. Dalam mendukung hal tersebut, pemerintah sebagai regulator mengadakan Uji Kompetensi tingkat nasional bagi mahasiswa kedokteran agar dapat menjamin kualitas para lulusan kedokteran sebelum terjun melayani dan mengabdi kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  UI Masuk Jajaran Universitas Terbaik Asia Tenggara

Prestasi yang membanggakan tersebut diumumkan secara langsung dalam penyampaian laporan akademik oleh Wakil Dekan FKG UI Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. drg. Ria Puspitawati, PBO., saat prosesi angkat sumpah dan penglepasan dokter gigi baru periode Juni 2023, yang berlangsung pada Selasa, 27 Juni 2023 di Auditorium RIK, Kampus UI, Depok. Ia menambahkan, selain keberhasilan FKG UI merebut nilai tertinggi nasional UKMP2DG periode kedua ini, bidang akademik juga mendata bahwa terdapat tiga mahasiswa peraih predikat kelulusan Summa Cumlaude dengan rata-rata IPK 3,95, yaitu drg. Amelia Rahayu, drg. Aulia Nabila, dan drg. Saint Diven. Penghargaan Summa Cumlaude artinya semua mata kuliah berhasil diselesaikan dengan nilai sempurna atau A, tidak pernah gagal atau mengulang mata kuliah, dan bisa lulus sesuai masa studi.

BACA JUGA:  3 Mahasiswa UI Sukses Raih Medali di Kompetisi Pemograman Dunia

Prosesi angkat sumpah dan penglepasan lulusan dokter gigi baru ini dipimpin langsung oleh Dekan FKG UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K). Saat ini, tercatat jumlah lulusan dokter gigi FKG UI berjumlah 3.671 lulusan, yang terdiri dari 692 dokter gigi pria dan 2979 dokter gigi wanita yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Selamat kepada 47 lulusan dokter gigi baru terutama peraih prestasi dengan predikat Summa Cumlaude dan nilai ujian teori tertinggi UKMP2DG tingkat nasional. Semoga dapat menjadi langkah awal yang baik dalam memasuki dunia profesional, sekaligus menjadi pemicu semangat semua lulusan agar terus mengembangkan diri dan meningkatkan pengetahuan untuk memberikan pengabdian terbaik secara profesional di bidang kesehatan khususnya gigi mulut bagi masyarakat sampai ke pelosok negeri,” ujar Dr. drg. Nia.

BACA JUGA:  Mahasiswa KKN UGM Mengajarkan Tarian Tradisional Nusantara ke Anak-anak Konawe Selatan

Turut hadir dalam prosesi angkat sumpah adalah Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi, drg. Nurtami, Ph.D., Sp.OF(K); Ketua Dewan Guru Besar FKG UI, Prof. Anton Rahardjo, drg., MKM., Ph.D ; Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian Dan Kemahasiswaan, Dr. drg. Ria Puspitawati, PBO; Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura Dan Administrasi Umum, drg. Kartini Sally, M.M); Ketua Kolegium Kedokteran Gigi, drg. Diono Susilo, MPH; Perwakilan PB PDGI; Guru Besar FKG UI; Wakil Direktur RSKGM FKG UI, drg. Feisal Ghazali, S.E., M.M; Ketua ILUNI UI FKG, drg. Sita Rose Nandiasa, M.Si; sivitas akademika; dan para orang tua/pendamping lulusan.

Pos terkait