UI Borong Medali di Kompetisi Jogja Information Technology Session

DEPOKPOS – Enam medali dibawa pulang oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) pada kompetisi Jogja Information Technology Session’ (Joints) 2023 dari ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Universitas Gajah Mada (UGM). UI berhasil meraih Juara I, II, dan III dalam cabang Data Competition, Business Plan, dan Programming Contest. Atas prestasi tersebut, UI dinobatkan sebagai Juara Umum dari 840 mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Dalam kompetisi ini, mahasiswa Fasilkom UI terbagi ke dalam enam tim yang beranggotakan 17 mahasiswa, yakni Three Neurons, Three Outliers, puntel.ipynb, Pi Radian + Q, Chebyshev, dan James.Gosling.32. Sebagai tim yang menduduki juara I pada cabang Data Competition, Three Neurons melakukan beberapa persiapan, mulai dari mengeksplorasi beberapa sumber dan paper hingga brainstorm yang dikonsultasikan dengan dosen pembimbing. Tim yang beranggotakan Bryan Tjandra, Made Swastika Nata Negara, dan Nyoo Steven Christopher Handoko ini, berhasil juara dengan menerapkan metode deep learning dalam mendeteksi citra dan juga skill pitching saat presentasi di hadapan pada juri.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  UI Kembali Masuk Daftar QS World University Rankings

Masih dalam cabang kompetisi yang sama, Tim Three Outliers berhasil meraih Juara II dan Tim puntel.ipynb menyusul di posisi Juara III. Adapun kedua tim tersebut terdiri dari enam mahasiswa, yaitu Eduardus Tjitrahardja, Rahmat Bryan Naufal, Vincent Suryakim, Alif Bintang Elfandra, Oey Joshua Jodrian, dan Muh. Kemal Lathif Galih Putra.

BACA JUGA:  Mahasiswa UI Rancang Kapal Penangkap Ikan dengan Hybrid Engine

Sementara itu, Tim Chebyshev yang berhasil meraih juara I pada cabang Business Plan, sudah mempersiapkan business model canvas sebagai tahap eliminasi awal. Selain itu, tim yang terdiri dari Ramya Nareswari Wikantiyoso dan Risa Lestari ini mempersiapkan proposal sesuai dengan ketentuan format yang telah diberikan terkait ide bisnis yang telah di ajukan. Pada cabang yang sama, Tim James.Gosling.32 yang beranggotakan Fathi Qushoyyi Ahimsa, Fayya Salwa Azheva, dan Mohammad Fauzan Aditya berhasil menyusul sebagai juara ke dua.

Selanjutnya, Tim Pi Radian+Q yang maju sebagai perwakilan dari UI untuk cabang Programming Contest, melewati proses babak penyisihan secara daring pada April lalu, dan dilanjutkan dengan babak final secara luring pada Mei 2023. Julian Fernando, Raden Fausta Anugrah Dianparama, dan Pikatan Arya Bramajati yang tergabung dalam tim ini mengaku telah mempersiapkan diri dengan mengerjakan soal-soal pada gelaran sebelumnya. Bagi mereka, dengan upaya tersebut dapat mengasah kemampuan diri sekaligus membangun chemistry antar anggota.

BACA JUGA:  Indonesia Law Review FHUI Berhasil Terindeks Scopus

Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto, M.Sc., mengapresiasi prestasi tim mahasiswa Fasilkom yang maju sebagai perwakilan UI dan berhasil meraih juara umum pada kompetisi yang diselenggarakan pada 19–21 Mei 2023 ini. “Tim mahasiswa Fasilkom UI selalu menjadi tim yang diperhitungkan dalam berbagai pagelaran mahasiswa di bidang teknologi informasi dan komunikasi, baik di level nasional maupun internasional. Prestasi ini menambahkan track record keunggulan mahasiswa Fasilkom di level internasional,” ujar Dr. Petrus.

Pos terkait