UI dan Universitas Mitra di Swiss dan Belanda Kembangkan Riset dan Pertukaran Pelajar

DEPOKPOS – Sebagai upaya kian menancapkan posisi di level internasional, delegasi Universitas Indonesia (UI) di bawah pimpinan Rektor Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A., Ph.D., melakukan kunjungan kerja ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan beberapa universitas mitra di Swiss dan Belanda, pada 4—13 Juni 2023. Kunjungan kerja ini dilakukan untuk menindaklanjuti kerja sama dan penandatanganan MoU antara UI dengan universitas mitra yang ada di sana serta pembahasan beberapa informasi terbaru yang telah disampaikan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meninjau potensi, fasilitas, serta kesiapan universitas mitra yang nantinya akan dilibatkan pada kerja sama yang akan datang.

Turut mendampingi Prof. Ari adalah Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi drg. Nurtami, Ph.D., Sp, OF(K); Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA; Direktur Kerja Sama Dr. Toto Pranoto; Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB.; Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K).; Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Dr. Bondan Kanumoyoso, S.S., M.Hum.; Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Dede Djuhana, Ph.D.; Dekan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc.; Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D.; Manajer Kerja Sama, Ventura dan Hubungan Alumni FKG Nieka Adhara Wahono, drg., Sp. KGA, K-KKA, Ph.D.; Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Vid Adrison, S.E., M.A., Ph.D.; Ketua Program Kelas Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Dr. Isfandiarni, S.E., M.A.; dan Ketua Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik (FT) Dr. Komarudin, S.T., M.Eng.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Tiga Program FMIPA UI Jalani Visitasi Internasional ASIIN

Pada kunjungan ke Swiss, delegasi UI mengunjungi KBRI Bern guna menunjukkan komitmen UI dalam penguatan dan memperluas potensi keterlibatan akademik serta penelitian di masa depan. Selain itu, delegasi UI juga melakukan kunjungan ke International Management Institute (IMI), dan Swiss Federal University for Vocational Education and Training. Dalam pertemuan di IMI, telah dilakukan penandatanganan agreement of implementation untuk program double degree in hospitality management sekaligus master program di bidang tersebut. Kerja sama ini ditandatangi langsung oleh CEO and Director of Partner Schools, Professor Gavin R Caldwell dan Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D.

BACA JUGA:  Gandeng UI dan UP, Apotek Wellings Kembangkan Kualitas SDM Farmasi

Pada lawatan ke Belanda, Prof. Dedi dan drg. Nurtami melakukan diskusi terkait dengan MoU antara UI dan Delft University of Technology. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan presentasi bersama dengan perwakilan Delft University of Technology. Hal ini guna mendorong kerja sama ilmiah dan teknologi antara peneliti di dua institusi melalui pendanaan proyek penelitian bersama agar dapat menghasilkan penelitian yang berdampak.

BACA JUGA:  UI Latih Pembuatan Naskah Sumber dengan Pendekatan Narasi Kreatif

Selain mengunjungi KBRI Belanda dan Delft University of Technology, delegasi UI juga mengunjungi Leiden University dalam rangka menindaklanjuti kerja sama yang sudah dilakukan sebelumnya pada kunjungan Leiden University ke UI, Kamis (11/5). Universitas lainnya yang dikunjungi adalah Vrije University, Groningen University, Netherlands Forensic Institute, SIMtoCARE, KITLV, dan Utrecht. Pada kunjungan tersebut, UI dan universitas mitra tidak hanya menyepakati kerja sama pada bidang riset, tetapi juga dalam program double degree dan student exchange.

Pos terkait