UI dan University of Miyazaki Sepakati Program Student Exchange

DEPOKPOS – Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB dan Dean of The Faculty of Medicine, University of Miyazaki, Yoshitaka Hishikawa, M.D., Ph.D., menandatangani perjanjian kerja sama di bidang pendidikan kesehatan, pada Kamis (16/3) lalu, di Kiyotake Campus, University of Miyazaki, Jepang. Perguruan tinggi ini merupakan universitas yang memiliki sejarah riset panjang, dengan keunggulan pada penelitian dasar dan translational. Banyak staf University of Miyazaki yang mendapat grant penelitian dari pihak eksternal.

The Faculty of Medicine, University of Miyazaki, merupakan salah satu pusat pendidikan dan penelitian ilmu kedokteran di Jepang yang sudah eksis sejak 1974. Fakultas ini memiliki program pendidikan kedokteran yang memiliki keunggulan pada aspek teknologi penelitian kedokteran termutakhir.

BACA JUGA:  Manajer Bristol Rovers Sebut Elkan Baggot Punya Potensi Besar

Kerja sama ini bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran mahasiswa program sarjana dan pascasarjana dari kedua institusi, serta menyediakan kerja lapangan jangka pendek untuk para mahasiswa yang terlibat. Masing-masing institusi akan menerima dua mahasiswa pertukaran pada tiap semester. Pemilihan kandidat dilakukan oleh institusi asal dengan persyaratan yang tercantum dalam Student Exchange Agreement yang telah disetujui oleh kedua belah pihak.

BACA JUGA:  Mahasiswa UI Rancang Gedung Tahan Gempa

Program pertukaran mahasiswa ini akan memberikan banyak manfaat, baik bagi mahasiswa FKUI maupun mahasiswa dari University of Miyazaki. Mahasiswa dapat belajar dari lingkungan akademik yang berbeda, saling berbagi pengetahuan, mengembangkan proyek penelitian berkualitas, dan memperluas koneksi mereka.

Penandatangan kerja sama ini turut dihadiri oleh Direktur Utama Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) Dr. dr. Iwan Dakota, Sp.JP(K), MARS, FACC, FESC, beserta jajaran, Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Program Dokter Spesialis dan Subspesialis FKUI, Dr. dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD, dan Ketua Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI-RSJPDHK dr. Renan Sukmawan, Sp.JP(K), PhD, FIHA, FACC.

BACA JUGA:  Grand Launching Magnifying Corporate University, Wujud Komitmen Bangun SDM Handal

Selain menandatangani perjanjian kerja sama, rombongan FKUI juga melakukan kunjungan ke rumah sakit National Cerebral and Cardiovascular Center Hospital (NCVC) sebagai pusat kardiovaskular terbesar di Osaka, Jepang. Peneliti FKUI, khususnya dari Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler, dan peneliti dari Jepang juga turut serta dalam penyelenggaraan webinar bertema “Advance Cardiovascular Diseases and Care” yang diikuti oleh mahasiswa dari 13 Program Studi Kardiologi di seluruh Indonesia.

Pos terkait