UI Masuk Jajaran Universitas Terbaik Asia Tenggara

UI Masuk Jajaran Universitas Terbaik Asia Tenggara

DEPOK POS – Universitas Indonesia (UI) kembali menduduki posisi pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan asesmen yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Times Higher Education (THE). Pada Rabu, 12 Oktober 2022, THE mengumumkan THE World University Rankings 2023 dan hasilnya UI masuk pada jajaran Top 10 universitas terbaik Asia Tenggara bersama National University of Singapore (NUS), Universiti Brunei Darussalam, dan University of Malaya.

Pada pemeringkatan ini, THE 2023 melalukan penilaian terhadap 1.799 universitas di 104 negara dan wilayah. THE World University Rankings 2023 menggunakan 13 indikator untuk mengukur kinerja universitas di empat bidang, yakni teaching, research, knowledge transfer, dan international outlook. 13 indikator kinerja tersebut dikalibrasi dengan cermat untuk memberikan perbandingan yang paling komprehensif dan seimbang, yang dipercaya oleh mahasiswa, akademisi, pemimpin universitas, industri, dan pemerintah.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  UI Satu-satunya PTN yang Raih Predikat "Memuaskan" dari ANRI

Dari 13 indikator kinerja tersebut, THE mengelompokkan menjadi lima bidang, yaitu Teaching (the learning environment); Research (volume, income and reputation); Citations (research influence); International outlook (staff, students and research); dan Industry income (knowledge transfer). THE menggunakan pendekatan standarisasi untuk setiap indikator, dan kemudian menggabungkan indikator dalam proporsi indikator kinerja. Pendekatan standardisasi yang digunakan berdasarkan pada distribusi data dalam indikator tertentu, dimana THE menghitung fungsi probabilitas kumulatif, dan mengevaluasi indikator lembaga tertentu berada dalam fungsi tersebut.

BACA JUGA:  Hilirisasi Untung Atau Buntung?

UI unggul di Indonesia dengan overall score 24.4-29.7, dan menduduki peringkat 1001-1200 di dunia. Pada indikator Industry Income, UI memperoleh skor tertinggi dari 4 indikator lainnya dengan skor 77.7. Jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang ada di Indonesia, pada indikator International Outlook, Industry Income, dan Teaching, UI menempati peringkat pertama se-Indonesia.

Sementara di level Asia Tenggara, UI memperoleh peringkat ke-9 dari 94 institusi. UI mengalahkan King Mongkut’s University of Technology North Bangkok, Thailand; De La Salle University, Filipina; dan Universiti Kuala Lumpur, Malaysia. Indikator yang unggul dari UI di wilayah Asia Tenggara adalah Teaching, Industry Income, dan International Outlook. Pada indikator Teaching, UI berhasil menempati peringkat tiga di Asia Tenggara setelah NUS dan Nanyang Technological University, Singapore. Indikator Industry Income menempati posisi ke-8, sedangkan International Outlook menempati skor tertinggi ke-14 dari 94 institusi di wilayah Asia Tenggara.

BACA JUGA:  Grogi Saat Public Speaking? Lakukan Ini agar Tetap Pede

THE World University Rankings adalah satu-satunya tabel kinerja global yang menilai perguruan tinggi riset-intensif pada semua misi inti para perguruan tinggi tersebut yang meliputi pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional. []

Pos terkait