UI Peringkat 1 SCImago Institutions Rankings 3 Tahun Berturut-turut

DEPOKPOS – Universitas Indonesia (UI) kembali meraih peringkat 1 di Indonesia dalam pemeringkatan SCImago Institutions Rankings (SIR) 2023. Pencapaian ini menempatkan UI selama tiga tahun berturut-turut menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi SIR.

Posisi teratas di tanah air ini didasarkan pada tiga indikator penilaian, yakni research (kinerja penelitian), innovation (luaran inovasi), dan societal (dampak sosial). Untuk indikator research dan societal UI menempati posisi pertama di Indonesia, sedangkan jika dilihat dari indikator innovation UI berada di posisi kedelapan. Dari keseluruhan indikator (overall), UI di peringkat 1.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Pengenalan Personal Branding & Public Speaking Di SMK Ganesa Satria 1 Depok Sebagai Upaya Menghadapi Dunia Kerja

Pada pemeringkatan yang diumumkan Selasa (28/03) lalu, SIR membagi hasil ilmiah lembaga ke dalam 19 subject area dengan 58 kategori. UI berhasil menempati 18 subject area, di mana 8 di antaranya berada di posisi pertama di Indonesia. Delapan subject area tersebut adalah Arts and Humanities; Business, Management and Accounting; Energy; Medicine; Pharmacology, Toxicology and Pharmaceutics; Social Sciences; Economics, Econometrics and Finance; dan Engineering.

Sementara itu, dari seluruh subject area yang ditempati UI, ada 5 subject area yang memiliki peringkat berdasarkan kategori, yaitu Arts and Humanities; Medicine; Social Sciences; Engineering; dan Agricultural and Biological Sciences. Total kategori yang memperoleh peringkat dalam subject area ini adalah sebanyak 34 kategori, dengan Medicine memiliki kategori terbanyak, yaitu sejumlah 16 kategori.

BACA JUGA:  Mahasiswa FKUI Juarai Ajang Internasional di Nepal

Adapun dari seluruh kategori, sebanyak 11 kategori bidang keilmuan UI merupakan yang terbaik di Indonesia. Kesebelas kategori tersebut adalah Building and Construction; Cardiology and Cardiovascular Medicine; Epidemiology; Gastroenterology; Geriatrics and Gerontology; Ophthalmology; Pediatrics, Perinatology and Child Health; Radiology, Nuclear Medicine and Imaging; Psychiatry and Mental Health; Anthropology; serta Library and Information Sciences.

“Sebagai yang teratas di Indonesia versi lembaga SRI ini, tentu membanggakan kami di UI, apalagi hal ini sudah kami capai selama tiga tahun berturutan. Kami akan terus menggiatkan riset, inovasi, dan dampak sosial untuk dapat selalu berada di peringkat satu di tanah air. Selain itu, agar terdepan juga di Asia Tenggara dan diperhitungkan di level Asia,” kata Prof. Ari Kuncoro S. E., M. A., Ph.D.

BACA JUGA:  Mahasiswa FTUI Kenalkan Panel Surya Roll dari Limbah Plastik

SCImago Institutions Rankings (SIR) adalah klasifikasi lembaga terkait akademik dan penelitian yang diberi peringkat berdasarkan gabungan tiga indikator yang berbeda. Tujuan SIR adalah menyediakan alat metrik yang berguna bagi lembaga, pembuat kebijakan, dan manajer penelitian untuk menganalisis, mengevaluasi, dan meningkatkan aktivitas, luaran, serta hasil inovasi sebuah lembaga. Selain universitas, SIR juga menyelenggarakan pemeringkatan untuk empat sektor lainnya, yaitu Government, Health, Companies, dan Non-Profit.

Pos terkait