UI Siap Salurkan Beasiswa Bayan Pedulu untuk Mahasiswa Berprestasi

DEPOKPOS – Universitas Indonesia (UI) menandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Bayan Resources, Tbk. dalam bidang Kerja Sama Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kerja Sama di Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, pada Kamis (27/7), di Fairmont Hotel Jakarta. Selain Nota Kesepahaman, keduanya juga menandatangani Perjanjian Kerja Sama terkait Program Pemberian Beasiswa Pendidikan “Bayan Peduli”. Prosesi penandatanganan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA; Direktur Utama PT Bayan Resources, Tbk, Dato’ DR Low Tuck Kwong; serta para jajaran dari kedua pihak.

Dalam kesempatan itu, Prof. Dedi menyebut bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama ini akan memperkuat komitmen bersama dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan. Selain itu, hal ini akan menjadi pondasi bagi kolaborasi yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi mahasiswa penerima beasiswa di lingkungan universitas.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  UI Leadership Development Center Bahas Transformai Digital AI

Ia mengatakan, “Kerja sama ini menunjukkan kepedulian yang besar dari PT Bayan Resources, Tbk pada pengembangan SDM di Indonesia karena salah satu programnya adalah scholarship untuk mahasiswa. Bantuan beasiswa Bayan Peduli ini akan kami arahkan untuk para mahasiswa cerdas yang memiliki keterbatasan biaya. Kedepannya, kami berharap kerja sama ini bisa ditingkatkan, tidak hanya dalam bentuk scholarship, tetapi juga kegiatan pengabdian masyarakat (social development) yang dampaknya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.”

Sementara itu, Komisaris PT Bayan Resources, Tbk, Prof. Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara, menyampaikan bahwa kehadiran Bayan Peduli—yang merupakan payung besar dari program CSR PT Bayan Resources, Tbk—adalah untuk memberikan kesempatan pendidikan kepada para mahasiswa yang kurang mampu secara finansial. “Kami percaya bahwa setiap individu berhak atas akses pendidikan berkualitas tanpa memandang latar belakang ekonomi. Dengan semangat itu, kami akan memberikan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa yang berpotensi untuk menjadi agen perubahan positif bagi Indonesia,” ujar Prof. Moermahadi.

BACA JUGA:  Pendaftaran Beasiswa UGM Masih Dibuka, Ini Caranya!

Beasiswa penuh (full scholarship) ini akan diberikan kepada mahasiswa baru Program Sarjana Strata 1 (S-1) Tahun Akademik 2023/2024. Beasiswa ini diprioritaskan untuk beberapa program sudi (prodi), antara lain prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum; prodi Ilmu Komputer dan Sistem Informasi di Fakultas Ilmu Komputer; prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat; prodi Manajemen dan Akuntansi di Fakultas Ekonomi & Bisnis; serta prodi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

BACA JUGA:  Kembangkan Smart Camera Surveillance System, Mahasiswa ITB Raih Juara 2 Schlumberger Agora Hackathon 2022

Selain dengan UI, PT Bayan Resources, Tbk juga menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan tujuh perguruan tinggi lainnya. Ketujuh perguruan tinggi tersebut adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), serta Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia (RI), Prahoro Yulijanto Nurtjahyo, mengapresiasi program yang akan dikerjakan oleh PT Bayan Resources, Tbk bersama delapan perguruan tinggi terpilih. Menurutnya, PT Bayan merupakan salah satu perusahaan yang terus berperan aktif menjawab berbagai tantangan yang ada saat ini. Ia berharap kerja sama ini tidak selesai di universitas, tetapi bisa diperluas lagi.

Pos terkait