Urus IMB di Jakpus Bisa Melalui Online

Urus IMB di Jakpus Bisa Melalui Online

MAJALAH JAKARTA – Unit Pelaksana Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UP PM-PTSP) Jakarta Pusat mengimbau warga mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) melalui online dengan mengakses laman simbg.pu.go.id.

Kepala UP PM-PTSP Jakarta Pusat, Muhammad Subhan mengatakan, tahun ini, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi

Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) mulai dari tingkat kelurahan hingga kota.

SIMBG merupakan website yang terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) untuk perizinan khusus IMB dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

BACA JUGA:  14 Tahun Terbunuhnya Munir, Polri Didesak Bentuk Tim Khusus

“Masyarakat dapat mengajukan permohonan secara online kapan dan di mana saja selama ada akses internet,” katanya, Senin (16/1).

Ia menjelaskan, penerapan SIMNG sesuai

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pendataan Bangunan Gedung.

BACA JUGA:  SDIF ALFIKRI Bersama Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Sejak Dini

“Tahun 2022 kemarin merupakan masa transisi untuk perizinan IMB dari aplikasi Jakevo ke website SIMBG. Tahun ini kami akan fokuskan semua perizinan IMB melalui SIMBG,” katanya.

Dengan peralihan ini, sambung Subhan, seluruh perizinan terkait IMB terintegrasi dengan Suku Dinas CKTRP Jakarta Pusat yang juga akan melakukan penilaian teknis.

BACA JUGA:  Carut Marut Tol Cijago 3, Prizamas Minta Penuntasan Pembayaran (3)

“Penilaiannya akan berpengaruh pada penerbitan izin dan nilai retribusi pada bangunan gedung,” imbuhnya.

Subhan menambahkan, pada 2022 lalu, tercatat sudah ada 10 berkas permohonan penerbitan IMB yang masuk melalui SIMBG. Dari jumlah tersebut, tiga berkas di antaranya sudah diterbitkan dan tujuh sisanya masih menunggu proses.

“Peralihan ini diharapkan dapat semakin mempermudah masyarakat mengurus perizinan IMB,” tandasnya.

Pos terkait