Waspada Penyakit Diabetes pada Anak

Waspada Penyakit Diabetes pada Anak

Apasih penyakit Diabetes?

Diabetes militus (DM) merupakan penyakit kronik yang ditandai dengan adanya peningkatan kadar gula darah akibat gangguan produksi Insulin.

Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pada tahun 2018, tercatat pada anak usia 0-18 tahun meningkat hingga mencapai angka 1220 anak penyandang DM tipe-1 di Indonesia.

Tipe – Tipe Diabetes pada Anak

⦁ Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah tipe diabetes yang sering terjadi pada anak – anak dan remaja.Namun tipe diabetes -1 ini juga dapat menyerang pada bayi,balita ,dan orang dewasa.Hal ini terjadi karena kelainan autoimun,dimana sistem kekebalan tubuh anak merusak atau sistem imun menyerang sel -sel sehat dalam tubuh,akibatnya anak yang menderita penyakit diabetes tipe 1 ini menghasilkan sedikit hormon atau tidak sama sekali menghasilkan.

⦁ Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah tipe diabetes yang rentan terjadi pada anak berusia diatas 10 tahun atau pada usai remaja.Diabetes tipe 2 ini disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya produksi insulin,dimana kondisi sel tubuh anak sulit memanfaatkan gula darah didalam tubuh untuk menghasilkan energi.Sehingga kadar gula darah dapat meningkat.

Gejala Penyakit Diabetes

BACA JUGA:  Cacar Monyet, Semua yang Perlu Anda Ketahui

⦁ Gejala pada anak yang menderita Penyakit DM tipe – 1 yaitu penurunan berat badan,kesemutan,luka yang sukar sembuh,pandangan kabur,sering buang air kecil,sering haus,banyak makan dan mudah lapar.
⦁ Gajala pada anak yang menderita penyakit DM tipe -2 tidak jauh berbeda dengan DM tipe -1 yaitu sering buang air kecil terutama pada malam hari,merasa sangat lelah dan mudah lapar.

Penyebab Diabetes

⦁ Penderita Diabetes tipe 1 pada anak masih belum diketahui penyebabnya secara jelas,namun pada anak rentan terkena diabetes tipe 1 terdapat faktor resiko berupa ;
⦁ Keturuna atau gen,seperti salah satu keluarga memiliki riwayat penyakit diabetes tipe 1.
⦁ Pola makan tidak teratur atau kurang diperhatikan,seperti sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mempunyai kadar gula tinggi,misalnya permen,es krim,dll.
⦁ Terkenan Infeksi Virus
⦁ Penderita diabetes 2 pada anak yang rentan terkena,yaitu ;
⦁ Obesitas pada anak
⦁ Sering mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dan makanan berlemak
⦁ Jarang olahraga
⦁ Mempunyai orang tua atau saudara dengan penyakit riwayat diabetes atau keturunan.

BACA JUGA:  Peran Penting Zat Gizi Mikro Untuk Imunitas Tubuh

Pengobatan Diabetes pada Anak

Diabetes merupakan suatu penyakit yang tidak dapat disembuhkan,namun dengan pelaksanaan dan pemantauan yang baik pada anak dapat meningkatkan hidup yang lebih baik.Pengobatan pada penderita diabetes tipe 1 dan 2 ini harus sesuai dengan yang diderita oleh anak.Untuk menentukan diagnosis pada anak,yaitu biasanya pada dokter dilakukan pemeriksaan fisik berupa tes kadar gula darah dan tes autoantibodi diabetes untuk mengetahui apakah yang diderita anak diabetes tipe 1 atau 2.

BACA JUGA:  Cara Mudah Tingkatkan Vitamin D di Musim Hujan

Setelah mengetahui diagnosa yang diderita pada anak dapat dilakukan pengobatan secara rutin;

⦁ Pada Anak yang terdiagnosis penyakit diabetes tipe 1,maka dokter akan memberikan terapi insulin,yang difungsikan untuk mengendalikan kadar gula darah.

⦁ Pada Anak yang terdiagnosis penyakit diabetes tipe 2,maka dokter akan memberikan obat antidiabetes,namun pada penderita tipe 2 ini juga dapat diberikan insulin jika diabetes yang diderita anak sudah berat.

Jika penanganan diabetes terlambat maka rentan terjadi penyakit komplikasi pada anak.Oleh karena itu,dapat dipastikan Anda memeriksa anak pada doketer jika sudah mempunyai gejala diabetes dan dianjurkan untuk menjaga pola makan dan melakukan olahrga secara teratur.

Dinda Widia Apriliani Putri
Mahasiswa Universitas Binawan

Pos terkait