York College of Pennsylvania Berikan Dean’s List ke Santi Agustin, Peserta MOSMA Kemenag 2023

MJ, Jakarta – MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) terbukti memberi ruang bagi para mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) untuk unjuk prestasi di kampus luar negeri.

Prestasi itu antara lain diraih Santi Agustin, mahasiswi Program Studi Sastra Inggris Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang. Setelah menjalani kuliah lebih kurang enam bulan, dia meraih Dean’s List untuk semester gugur 2023 dari York College of Pennsylvania Amerika Serikat.

Sebelumnya, ada tiga mahasiswa peserta MOSMA yang juga meraih Dean’s List di dua kampus berbeda. Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Jasmine Laksmi Dewi, meraih Dean’s List dari York College of Pennsylvania.

BACA JUGA:  Riset Doktor Biomedik UI: Jahe Sebagai Obat Baru Kelainan Metabolik

Sementara Jennie Nabilah dan Dewinta Zahwa Nabila, dua mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) ini meraih penghargaan Dean’s List dari Buffalo State University, Amerika.

MOSMA adalah program beasiswa yang diadakan oleh Kementerian Agama bekerja sama dengan Kementerian Keuangan. Program ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) untuk mengikuti kuliah selama satu semester di luar negeri.

Dean’s List adalah penghargaan yang diberikan oleh Dekan Fakultas di York College of Pennsylvania kepada mahasiswa berdasarkan kualitas kinerja akademik mereka. Untuk bisa mendapat penghargaan ini, mahasiswa harus memperoleh nilai rata-rata semester 3,5 atau lebih. Mereka juga harus menyelesaikan studi minimal 12 SKS.

BACA JUGA:  Dosen UGM: Fenomena Cuaca Ekstrem di Indonesia Cenderung Meningkat

Kembali ke Santi Agustin, dia berhasil meraih Dean’s List berdasarkan prestasi akademisnya. Penerimaan penghargaan ini diumumkan oleh Patrice DiQuinzio PhD, Pejabat Pelaksana Tugas dan Wakil Presiden Urusan Akademik.

“Alhamdulillah, kerja keras dan keseriusan selama menjalani perkuliahan di Amerika berbuah apresiasi. Terima kasih kepada orang tua, kampus UIN Maliki, dan Kemenag yang memberi kesempatan kuliah ke Amerika melalui MOSMA 2023,” sebut Santi Agustin melalui pesan singkat, Rabu (3/1/2024).

Dekan Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang, M Faisol, mengapresiasi capaian Santi Agustin di Amerika. Menurutnya, prestasi ini tak lepas dari keseriusan dan kerja keras mahasiswi Program Studi Sastra Inggris ini dalam menempuh studi.

BACA JUGA:  Komunikasi Lintas Budaya dalam Dunia Bisnis

“Ini jadi satu kehormatan bagi mahasiswa dari Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang mendapatkan penghargaan. Penghargaan ini tentunya menjadi pengakuan atau apresiasi dari instansi luar negeri,” ucapnya.

Penghargaan Dean’s List ini, kata Faisol, juga menjadi bukti bahwa kampus Ulul Albab, khususnya Fakultas Humaniora memiliki mahasiswa yang unggul dan kompetitif di kancah global. Prestasi ini juga menjadi bentuk nyata dan komitmen Fakultas Humaniora UIN Malang dalam mencetak lulusan unggul dengan standar kualitas tinggi.

“Kami sangat bangga atas prestasi luar biasa yang diraih oleh Santi Agustin setelah mengikuti program MOSMA. Ini adalah suatu kehormatan bagi seluruh sivitas akademika Fakultas Humaniora,” pungkasnya.

Pos terkait