3 Hal Ini Dapat Membatalkan Puasa, Milenial Harus Tahu!

DEPOKPOS – Menjalankan ibadah wajib puasa Ramadan bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus. Tapi, puasa juga melatih kita untuk lebih bersabar dalam menghadapi persoalan sehari hari. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa agar ibadah puasa kita sah. Disimak ya!

1. Muntah dengan sengaja

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Hadirkan Syekh dari Gaza, Ratusan Orang Ikuti Pengajian Akbar Peduli Palestina di Univet Bantara

Yang Pertama yaitu muntah secara sengaja dapat membatalkan puasa. Akan tetapi, jika seseorang muntah tanpa sengaja dan terjadi secara tiba tiba hukumnya itu tetap sah.

Ketentuan ini berlaku jika muntahannya tidak tertelan kembali olehnya. Apabila kamu muntah secara tidak sengaja lalu menelannya kembali muntahannya dengan sengaja, puasanya dinyatakan batal.

BACA JUGA:  3 Tantangan Terbesar saat Puasa dan Cara Mengatasinya

2. Memasukan sesuatu ke lubang tubuh dengan sengaja

Dikutip dalam NU Online, puasa seseorang akan batal ketika ada suatu benda yang masuk ke dalam lubang tubuh. Yang dimaksud lubang sendiri disini yaitu mulut, telinga dan hidung.

Puasa dapat batal apabila benda yang masuk yaitu makanan, minuman atau benda lain dan dengan cara yang disengaja. Namun apabila benda tersebut masuk secara tidak sengaja atau lupa, hal itu tidak membatalkan puasa.

BACA JUGA:  Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Depok, Nunggu Buka Sambil Cuci Mata

3. Mengeluarkan Air Mani

Keluarnya air mani usai bersentuhan kulit dengan lawan jenis dapat membatalkan puasa. Bahkan onani sekalipun.

Namun, beda halnya jika air mani keluar karena mimpi basah. Dalam keadaan tersebut, puasa seseorang tetap dinyatakan sah dan harus disegerakan melakukan mandi wajib.

Abdul Djabbar Alfathi

Pos terkait