5 Cara Hemat Agar Uang Tak Boros

DEPOK POS – Tips mengatur keuangan cenderung mengarahkan kita untuk bijak saat menghabiskan pengeluaran dan merujuk pada sikap hidup hemat. Konsep berhemat adalah pengeluaran harus lebih kecil dibandingkan pendapatan atau pemasukan.

Ada banyak cara hemat dalam membelanjakan uang jajan. Cara ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan membantu Anda yang berkeinginan untuk memulai hidup hemat. Simak tips dan caranya di bawah ini!

BACA JUGA:  Apa Saja Penyebab Putusnya Pernikahan dalam Pandangan Islam

1. Cari Harga Termurah

DIlansir laman Nerd Wallet, cara hemat dalam membelanjakan uang jajan dapat dilakukan dengan mencari makanan dengan harga termurah. Cara ini bisa dilakukan melalui promo atau membandingkan harga makanan dari satu resto ke resto lainnya. Mencari harga termurah juga berlaku untuk pembelian keperluan bulanan lainnya.

2. Menyimpan Makanan Supaya Awet

Ada beberapa cara tertentu untuk menyimpan makanan supaya lebih awet. Misalnya, membeli makanan sekaligus untuk sarapan dan makan siang, atau mulailah belajar menyimpan bahan makanan dengan tepat.

BACA JUGA:  Daun Seledri Dapat Turunkan Hipertensi

3. Masak Bekal Sendiri

Memasak bekal adalah salah satu cara hemat dalam membelanjakan uang jajan. Anda dapat membawa bekal sendiri saat ke kantor maupun kuliah, dan membuat makanan yang kualitas dan kebersihannya terjaga.

4. Manfaatkan Promo

BACA JUGA:  Peran Penting Komunikasi Verbal dan Nonverbal Terhadap Kegiatan Bisnis

Cara hemat dalam membelanjakan uang jajan adalah memanfaatkan promo atau potongan harga. Salah satunya adalah memanfaatkan belanja di platform jual-beli online yang rutin memberikan promo atau cashback.

5. Menyediakan Uang Pas di Dompet

Selanjutnya, cara hemat berbelanja uang jajan adalah menyediakan uang pas di dompet. Jangan menyimpan uang tunai terlalu banyak dan simpan secukupnya untuk membeli keperluan penting.

Abdul Djabbar Alfathi

Pos terkait