7 Ciri Seorang Wirausahawan, Anda Termasuk?

DEPOKPOS – Wirausahawan adalah seorang yang berjiwa dagang, dan melakukan kegiatan dibidang usaha bisnis sebagai profesinya. Kewirausahawan adalah bentuk prooses penciptaan sesuatu yang baru (kreasi baru) dan membuat sesuatu yang berbeda dari hal yang sudah ada (inovasi). Raymond W.Y Kao (dalam Lupiyoadi dan Wacik. 1998).

Wirausahawan adalah orang yang mampu mengambil faktor – faktor produksi dan menggunakan untuk memproduksi barang dan jasa baru. Menyadari peluang yang tidak dilihat atau diperdulikan oleh orang lain.

BACA JUGA:  Lebaran Ketupat: Tradisi Khas Muslim Indonesia

Dan di era sekarang kita harus menumbuhkan minat kewirausahawan dalam kondisi perekonomian yang tidak stabil, terjadi krisis yang berkepanjangan, semakin tertutupnya lowongan dan lapangan pekerjaan, merupakan faktor yang mendorong menjadi lemahnya sendi – sendi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya hal tersebut sebenarnya dapat diupayakan atau didorong untuk tumbuhnya minat wirausaha masyarakat, terlebih lagi kaum muda.

BACA JUGA:  “Anak Perempuan Adalah Cerminan Ayahnya”, Fakta Atau Mitos?

Seorang Wirausahawan harus memiliki ciri ciri tersebut :

1. Selalu Optimis..
2. Secara terus menerus melihat peluang yang tidak dapat dilihat oleh orang lain.
3. Tidak pernah merassa puas, dan selalu dapat mengeksploitasi perubahan yang ada..
4. Selalu mempunyai komitmen untuk menang.
5. Mempunyai intuisi yang tajam.
6. Action oriented (beroriantasi pada aksi)
7. Dapat memanfaatkan ancaman sebagai peluang.

BACA JUGA:  Pengaruh Bank Syariah bagi Keuangan Negara

Dengan kita menjadi wirausahawan kita bisa mengurangi pengangguran, memperluas daya tampung tenaga kerja, mengembangkan kehidupan ekonomi rakyat, dan masih banyak lagi.

Salwazulharima

Pos terkait