7 Tips Solo Travelling yang Cocok untuk Pemula

MAJALAH JAKARTA – Traveling tidak selalu identik dengan jalan bersama keluarga atau teman-teman. Ini bisa dilakukan sendiri atau dikenal dengan solo traveling, karena tidak perlu berkompromi untuk menentukan destinasi atau mencocokkan waktu antar individu menjadi keutamaannya.

Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan untuk solo traveling:

Pastikan Akomodasi Aman

Sebagai solo traveler, permasalahan pertama yang harus disiapkan adalah akomodasi. Ini alias tempat penginapan yang aman dan nyaman.

Pilih penginapan dengan review yang baik, ya. Pastikan lokasi penginapan juga kondusif untuk yang ingin berjalan kemana-mana seorang diri.

Budgeting dan Itenerary

Karena kamu akan berpergian sendiri, ada baiknya untuk membuat sebuah anggaran dan rencana perjalanan yang matang. Dalam perencanaan tersebut, pastikan kamu sudah membuat secara detail rencana perjalanan dari awal bangun pagi hingga kembali lagi ke penginapan.

Buat juga rincian mau naik apa untuk pindah dari destinasi wisata yang satu ke lainnya atau berapa uang yang harus disisihkan untuk makan. Namun, namanya panduan, tentu tidak wajib kamu jalani seratus persen. Seru juga kan kalau kamu menemukan hal baru yang tidak terduga selama di jalan, atau diajak masyarakat lokal berkunjung ke rumahnya?

BACA JUGA:  Meningkatkan Efisiensi dan Ketepatan dengan Teknologi Cloud dalam Sistem Akuntansi

Tapi setidaknya, jika sudah punya panduan mau ke mana hari ini, kamu akan selalu memiliki pilihan mau melangkahkan kaki ke mana seltelah destinasi wisata habis kamu jelajahi.

Bawa Barang Secukupnya

Ingat, kamu tidak memiliki teman perjalanan untuk menitipkan barang. Jadi, usahakan tidak membawa sesuatu yang kurang perlu.

Buang jauh-jauh pikiran untuk membawa stok pakaian seminggu. Bawa beberapa potong. Sebab, kamu bisa mencucinya di laundry kapan pun.

Simpan Uang dan Dokumen Secara Terpisah

Kejahatan memang bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja, maka dari itu kita harus waspada dengan segala kemungkinan yang ada. Jangan simpan seluruh uang dan kartu ATM kamu di dalam dompet.

BACA JUGA:  Sekilas tentang Pesantren Kilat Ramadhan

Pisahkan uang dan kartu ATM kamu menjadi beberapa bagian kemudian simpan di beberapa tempat yang berbeda. Selain itu, jangan lupa scan atau potret dokumen-dokumen penting seperti passport, KTP dan lain-lain. Hal ini penting untuk berjaga-jaga jika mengalami keadaan tak terduga seperti kehilangan tas.

Berinteraksi dengan Warga Lokal

Saat menjadi solo traveler, pasti tidak punya pasangan untuk berbagi cerita. Nah, ini saatnya untuk mendekatkan diri dengan penduduk lokal. Bersikaplah hangat dan ramah dengan orang sekitar.

Dengan seperti itu, Kamu akan mudah diterima. Bahkan tidak jarang mereka akan membantu jika kita mengalami kesulitan. Berbagi cerita seputar kebudayaan dan gaya hidup penduduk lokal pun bisa dilakukan. Ini menjadi pengetahuan baru yang bisa kamu bagikan kepada keluarga atau sahabat nantinya.

Light Packing

BACA JUGA:  Pengaruh Pembagian Harta Bersama Terhadap Perceraian

Sebagai solo traveler, mau tidak mau kamu mesti menenteng semua barang bawaan sendirian, terutama saat ingin menuju ke tempat penginapan, maupun berpindah kota.

Nah, bawalah beban seringan mungkin agar tidak menyusahkan kamu nantinya. Mempraktekan untuk membawa koper yang ringan memang gampang-gampang susah.

Seringkali kamu tergoda untuk membawa barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan, sehingga berakhir dengan koper yang berat.

Cara yang paling mudah adalah jangan membawa baju berlebihan, karena hampir ditiap penginapan menyediakan mesin cuci sehingga kamu bisa mencuci dan memakai ulang baju yang sebelumnya telah dipakai.

Catat Nomer Darurat

Jangan sampai liburan sendirian kita membuat khawatir orang rumah, ya. Sebelum bepergian, catat nomor darurat yang bisa dihubungi dalam keadaan terdesak. Bisa pasangan, keluarga, sahabat ataupun teman.

Buatlah rincian nomor darurat yang mudah dijangkau di telepon kita pribadi. Sehingga, ini bisa mudah ditemukan untuk dihubungi sewaktu-waktu.

Muhammad Yahya

Pos terkait