Bahaya Vape Tak Jauh Beda dengan Bahaya Rokok, Apa Saja ?

Vape yang kita kenal dengan rokok elektrik banyak orang menganggap bahwa rokok elektrikini lebih aman dibanding rokok tembakau biasa, sehingga banyak orangyang beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrikhal itu dikarenakan rokok elektrik dipercaya dapat menghindari dari berbagai penyakit, seperti pernyakit jantung dan kanker paru-paru.

Vape atau rokok elektrik adalah rokok yang memiliki jenis penghantar yang sama dengan rokok tembakau biasa, yaitu nikotin elektronik. Rokok elektrikini memiliki jenis yang dikenal dapat membantu pecandu rokok tembakau mulai berhenti merokok. Dengan beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrik secara perlahan untuk berhenti merokok, mereka tidak sadar bahkan sebenarnya vape dan rokok tembakau sama-sama berbahaya bagikesehatan tubuh.

Rokok elektrik atau vape berfungsidengan menggunakan baterai. Vape dirancang untuk bertujuan dengan memberikan dosis nikotin yang dapat dihirup melalui

larutan atau liquid yang akan diuapkan menjadi asap, sehingga dapat masuk ke dalam system pernapasan. Vape ini tidakbebas dari racun, karena masih banyak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya sama seperti rokok tembakau. Hal ini sudah disampaikan dalam Organisasi resmiyaitu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), organisasi tersebut menyatakan bahwa baik rokok elektronik atau vape dengan rokok tembakau sama-sama berisiko untuk kesehatan tubuh manusia. Peneliti dan Pengembangan dari Indonesian Youth Council for Tobacco Control (IYCTC), Oktavian Denta juga mengatakan, kehadiran rokok elektronik menjadi beban ganda epidemi produk adiktifyang dapat mengancam generasi Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

KANDUNGAN VAPE

Adapun kandungan cairan yang berada pada katrid rokok elektronik atau vape. Cairan dalam tabung ini mengandung berbagai bahan-bahan seperti, nikotin, propilen glikol atau gliserin serta penambah rasa, seperti buah-buahan bahkan cokelat. Pengertian daribahan-bahan sebagai berikut:
⦁ Nikotin, nikotin ini adalah senyawa yang memiliki alkaloid utama dalam daun tembakau yang aktif. Nikotin inidapat menyebabkan perkembangan otak pada manusia.
⦁ Formaldehid adalah aldehida yang memiliki rumus kimia H2CO2 yang memiliki bentuk gas atau cairan yang dikenal dengan formalin atau pengawet. Dalam berbagai penelitian yang telah dilakukan pada merek liquid vape di Indonesia, semua liquid menunjukan bahwa terdapat kandungan formaldehid. Bahkan proses vaping dalam waktu 60 menit bisa menghasilkan 0,0345-0, 1490 ppmformaldehid.

BACA JUGA:  Resep Nasi Kebuli Kambing untuk Buka Puasa Ramadhan

⦁ Propilen glikol atau gliserin dapat berfungsi sebagai uap air. Penelitian menunjukan bahayanya menghirup glikol dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan pada manusia.

POPULASI PENGGUNAAN VAPE DI INDONESIA

Populasi pengguna vape yang berdasarkan usia dalam survei yang diteliti oleh Statista pada bulan Desember pada tahun 2022, terdapat 44% pengguna vape di Indonesia digunakan oleh anak muda yang berusia 18 – 29 tahun. Sementara itu 37% digunakan oleh golongan usia 30 – 39 tahun.

Bahkan setelah rokok elektrik atau vape iniditetapkan legal di Indonesia, pengguna vape mencapai 1 juta orang dari jumlah perokok tembakau dimana mayoritas penggunanya di kota besar

VAPE MENYEBABKAN RESIKO KANKER PARU- PARU DAN PARU-PARU BOCOR

Kandungan yang terdapat pada rokok elektrik atau vape dapat menyebabkan peradangan sel pada organ tubuh yaitu paru-paru, hal ini dikarenakan vape mengandung bahan kimia yang menyebabkan kanker paru-paru, meski memang dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan rokok tembakau. Kerusakan organ paru-paru ini juga menjadi salah satu bahayanya menggunakan vape bagi Kesehatan manusia. Menurut American Lungs Association, kandungan acrolein yang terdapat didalam vape digunakan untuk membunuh gulma atau tanaman dan dapat menyebabkan asma bahkan cedera paru-paru. Tidakhanya kanker paru-paru, rokok elektrik atau vape ini juga dapat menyebabkan paru-paru bocor.

BACA JUGA:  Konsumsi Daging Berlebih bisa Sebabkan Ini!

GEJALA KANKER PARU-PARU DAN PARU-PARU BOCOR

Rokok elektrik yang dianggap lebih baik dibandingkan dengan rokok tembakau, sebenarnya vape ini memiliki efek yang sama dengan rokok tembakau, efek tersebutjuga merusakKesehatan manusia. Gejala yang akan dialami oleh pengguna rokok elektrik atau vape.Pada tahap awal, kanker paru-paru biasanya tidak

menimbulkan tanda yang signifikan, biasanya akan mengalamihal sebagai berikut
:
⦁ Batuk kronis yang tidak membaik.
⦁ Sesak napas.
⦁ Batukberdarah.
⦁ Suara serak.
⦁ Sakit pada area dada.
⦁ Penuruna berat badan.
⦁ Sakit pada tulang.
⦁ Sakit kepala.

Hal ini membuat paru-paru rusak dan kondisi ini sudah terbilang bahaya. Ketika sudah mengalami hal yang dirasakan seperti gejala tersebut, harus segera berkunjung ke rumah sakit untuk penanganan lebihlanjut, jika tidak ditangani maka akan berakibat fatal, bahkan menyebabkan kematian.

CARA MENGHINDARI PENGGUNAAN VAPE

Ada banyak tahap untuk mengatasi kecanduan yang bisa kalian ikuti di rumah maupun di lingkungan sekitar.
Berikut beberapa cara mengatasikecanduan rokok elektrik atau vape :

⦁ Menetapkan waktu dimana kalian mulai berhenti menggunakan vape adalah penting. Hal ini dapat memberikan anda kesempatan untuk mencoba berhenti menggunakan vape. Untuk membantu anda mencoba berhenti menggunakan vape selama masa dimana melakukan kegiatan yang dapat mengalihkan penggunaan vape.
⦁ Mampu menemukan motivasi untukberhenti menggunakan vape dengan alasan untukkepentingan kesehatan tubuh, karena
Kesehatan adalah alasan utama untuk berhenti menggunakan vape. Apalagi untuk membeli perangkat vape termasuk liquid itu termasuk biaya yang cenderung mengeluarkan budget banyak.
⦁ Meminta dukungan orang lain, khususnya orang terdekat Yang sangat membantu seseorang dalam keinginan untuk melepaskan diri dari kecanduan apapun itu termasuk kecanduan vape.
Tujuan dukungan orang lain dapat memperingati untuk tidak menggunakan vape jika merasa kembalilagi menggunakan vape.
⦁ Melakukan kegiatan yang menggunakan fisik dengan cara menyibukkan diri dalam rutin berolahraga seperti senam, jogging dan aerobik. Hal ini dapat membantu anda melawan menggunakan vape.
⦁ Berjalan-jalan untuk mencari suasana baru dengan mengalihkan keinginan menggunakan vape.

BACA JUGA:  Ini 5 Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa

PENGARUH NEGATIF PENGGUNAAN VAPE

Bahaya penggunaan vape seperti yang sudahkita ketahui yaitu terdapat kandungan nikotin dan zan beracun yang lainnya. Kandungan ini dapar berdampak bagi pengguna maupun non-pengguna vape. Berikut beberapa dampak tersebut yang termasuk perkembangan otakpada anak dan remaja yang dapat menyebabkan risiko penyakit kanker paru-paru dan paru-paru bocor.

Ketika melakukan vaping pada minggu pertama, minggu kedua atau minggu ketiga itu dapat menjadi masa yang cukup sulit, anda mungkin bisa mengalami gejala :

⦁ Perubahan suasana hati, mudah emosi, merasa gugup dan stress.
⦁ Mudah Lelah.
⦁ Mengalami sulit tidur.
⦁ Sakit pada kepala.

Setelah kita mengetahui bahaya rokok elektrik atau vape, mulai dari kandungan vape hingga penyakit yang di akibatkan oleh pengguna vape, oleh sebab itu mari kita hindari penggunaan vape untuk hidup yang lebih sehat.

Kurnia Rizkyani

Pos terkait