Cara Diet Sehat Tanpa Membahayakan Tubuh

DEPOKPOS – Banyak orang yang menganggap bahwa cara diet sehat untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi porsi dan jenis makanannya.

Padahal diet yang tepat bukan hanya soal seberapa banyak porsi makan. Diet yang sehat nyatanya tidak semudah kedengarannya.

Salah strategi diet justru bisa menjadi bumerang bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Diet untuk mengurangi berat badan perlu dilakukan dengan cara yang tepat.

Lantas, bagaimana tips diet sehat untuk bantu menurunkan berat badan?

Menghitung Kebutuhan Kalori

BACA JUGA:  Insecure Boleh, Tapi Jangan Terlalu Terobsesi dengan Diri Sendiri

Sebelum merancang menu makanan, cara yang paling tepat memulai diet sehat yaitu mengenali kebutuhan kalori harian Anda.

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda berdasarkan berbagai faktor, seperti usia hingga kondisi kesehatan.

Sebagai contoh, penyandang obesitas akan memiliki kebutuhan kalori yang berbeda dengan orang sehat yang ingin mengurangi berat badan.

Mengatur Porsi Makan

Pada saat menjalani diet, bukan berarti Anda harus menghindari berbagai jenis makanan.

Pasalnya, semua jenis makanan tetap dibutuhkan oleh tubuh, hanya saja Anda perlu mengatur porsi masing-masing dengan baik.

BACA JUGA:  Keunikan Kecombrang: Eksplorasi Rasa dan Manfaatnya dalam Kuliner

Membuat Jadwal Makan yang Teratur

Banyak orang yang percaya, melewatkan waktu makan dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Nyatanya, hal ini tidak benar.

Melewatkan sarapan atau waktu makan lainnya justru membuat tubuh merasa cepat lapar, gula darah naik-turun drastis, dan stres.

Makan Pelan Pelan

Makan secara perlahan ternyata termasuk cara diet sehat yangs sering disepelekan.

Padahal, metode ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat.

Makan Sampai Tidak Merasa Lapar

BACA JUGA:  Tentang QRIS dan Penggunaannya

Bila ingin program menurunkan berat badan berhasil, usahakan makan sampai tidak merasa lapar.

Tips diet sehat ini bertujuan agar tubuh tidak kelebihan energi yang nantinya akan disimpan sebagai lemak.

Lemak yang menumpuk dapat mengakibatkan berat badan pun kembali naik.

Olahraga Teratur

Tak hanya mengatur pola makan, cara diet sehat yang tak boleh Anda lewatkan adalah berolahraga secara teratur.

Saat tubuh Anda menggunakan energi untuk aktif bergerak, ini akan membantu membakar kalori dari makanan yang Anda konsumsi.

Muhammad Yahya

Pos terkait