Dampak Positif dan Negatif Marketplace

Marketplace merupakan alat perantara antara penjual dan pembeli yang dilakukan secara tidak tatap muka saat berbelanja ataupun melakukan pembayaran. Marketplace adalah perubahan dunia yang salah satunya memiliki dampak besar bagi perkembangan teknologi di bidang perdagangan.

Para pecinta shopping pastinya akan sangat terbantu dengan perkembangan marketplace yang ada pada saat ini. Karena dengan sistem yang memudahkan, dengan marketplace kita juga dapat berbelanja dan melakukan jual beli kapan pun dan dimanapun.

Munculnya marketplace berawal dari adanya marketplace pertama yaitu E bay dan Amazon yang diketahui kemunculannya pada tahun 1995 di Amerika.

Kemunculann E bay dan Amazon juga menjadi perhatian dan mengakibatkan muncul lah perkembangan lain seperti paypal yang muncul saat itu pada tahun 1998. Kemunculan ini terus berkembang hingga sekarang, dan masih kalian gunakan yaitu ‘ Toko hijau dan orange.’

BACA JUGA:  Keluarga Sakinah dalam Islam

Karena marketplace berada pada laman digital tidak memungkinkan akan muncul dampak negative dan positif yang tentu akan menjadi pertimbangan kita saat ingin menggunakan marketplace. Apakah sebuah marketplace bisa dipercaya ? , bagaimana dengan kualitas dari sistem dan juga produk yang berada pada marketplace tersebut ?

Diberbagai macam marketplace yang menjadi pilihan kalian semua tentu kalian yang merasakan dampak tersebut. Dari berbagai macam dampak yang ada saat kita menggunakan marketplace tentu yang paling berdampak adalah keuangan yang telah kita pergunakan sehari hari. Karena dengan kemudahan marketplace kita bisa menjadi manusia yang boros karena tidak terkendalinya pembelian.

BACA JUGA:  Dinamika Politik Era Generasi Z

Selain dampak negative yang ada, dampak positif juga bisa dirasakan seperti saat ingin memberikan hadiah kepada orang tersayang. Kita bisa dengan mudah mengirim barang yang kita beli ke alamat orang tersayang jika kita sedang berjauhan. Tidak perlu repot untuk membeli dan memberinya secara langsung.

Saat menggunakan marketplace yang merupakan platfrom digital, tentu tidak jauh dari berbagai macam oknum nakal yang menggunakan nya hanya semata mata untuk kesenangan. Contoh dari perilaku oknum nakal tersebut adalah oknum yang iseng membeli dan bebapa detik kemudian mereka membatalkan pesanan. Perilaku tersebut bisa mempengaruhi kualitas dan juga rate dari toko yang sudah ada di marketplace. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan membuat kebijakan.

BACA JUGA:  Persepsi Komunikasi Terhadap Penggunaan Marketlace

Dampak adanya marketplace yang lain adalah kita tidak bisa melihat produk secara real / fisik karena kita hanya bisa melihatnya dalam bentuk foto dan mengakibatkan sering terjadinya ketidakcocokan produk yang ada pada foto dengan aslinya. Selain itu, marketplace juga bisa menjadi wadah bagi yang ingin berbisnis dengan bakat masig masing baik dibidang fashion, kuliner, kerajinan.

Dengan mengembangkan bakat yang ada atau hobi yang ada, itu bisa menjadi sumber pencarian uang yang sangat efesien. Karena saat ini jumlah yang memakai marketplace di Indonesia sudah sebanyak 147.8 Juta orang. Jadi dengan banyaknya orang yang menggunakan marketplace mungkin bisnis pun bisa berkembang dengan baik.

Amanda Sausan Ghaitsa

Pos terkait