Dijamin Awet dan Tahan Lama, Ini Tips Merawat AC yang Perlu Anda Tahu

DEPOKPOS – Pada musim panas, AC atau air conditioner menjadi salah satu perangkat penting dalam rumah. AC berfungsi untuk menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk dan nyaman. Namun, seiring waktu, AC bisa mengalami penurunan kinerja dan bahkan kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami tips merawat AC agar AC tetap berfungsi dengan baik dan awet.

Berikut tips merawat AC ½ Pk atau AC lainnya yang perlu Anda tahu.

Bersihkan Filter AC secara Teratur

Filter AC berfungsi untuk menangkap debu dan kotoran dalam udara sehingga udara yang masuk ke dalam ruangan bersih. Filter yang kotor akan mengurangi sirkulasi udara yang baik dan mengakibatkan AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Oleh karena itu, bersihkan filter AC secara teratur, minimal dua minggu sekali. Anda dapat membersihkan filter dengan cara mencucinya dengan air dan sabun ringan atau menggantinya dengan filter yang baru.

Periksa Bagian Luar AC

Bagian luar AC yang berada di luar rumah juga perlu diperiksa secara teratur. Pastikan tidak ada halangan yang menghalangi aliran udara, seperti rumput atau semak yang tumbuh di sekitarnya. Jangan lupa juga membersihkan kipas dan pemutar AC dari debu dan kotoran agar bisa berputar dengan baik.

BACA JUGA:  Bagaimana Pandangan Islam soal Pernikahan Dini?

Periksa Level Refrigerant

Refrigerant merupakan cairan yang digunakan untuk mendinginkan udara pada AC. Level refrigerant yang rendah dapat menyebabkan AC tidak dingin atau bahkan mati total. Oleh karena itu, pastikan level refrigerant pada AC Anda selalu dalam kondisi yang cukup dan periksa secara teratur.

Panggil teknisi AC secara teratur

Selain melakukan pembersihan dan perawatan AC secara mandiri, penting juga untuk melakukan pemeriksaan secara teratur oleh teknisi AC yang berpengalaman. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi masalah sejak awal dan mencegah kerusakan yang lebih parah. Memanggil teknisi AC secara teratur untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan yang lebih menyeluruh bermanfaat untuk membersihkan bagian-bagian yang tidak dapat dijangkau. Selain itu juga untuk mengetahui apakah ada masalah pada AC yang harus diatasi sebelum menjadi masalah yang lebih serius.

Periksa kondisi kondensor AC

Kondensor adalah bagian dari AC yang bertugas untuk membuang panas dari ruangan. Kondensor dapat terdampak kotoran dan debu yang dapat menghambat aliran udara. Pastikan Anda membersihkan kondensor secara teratur dengan menggunakan kuas atau vacuum cleaner.

BACA JUGA:  Mengapa Memilih Asuransi Syariah?

Periksa kabel dan saluran AC

Pastikan kabel dan saluran AC dalam kondisi baik dan tidak rusak. Kabel yang rusak dapat menimbulkan bahaya kebakaran, sedangkan saluran yang tersumbat dapat membuat AC bekerja lebih keras dari biasanya.
Gunakan timer dan thermostat

Penggunaan timer dan thermostat dapat membantu mengurangi beban kerja AC dan memperpanjang umur AC. Anda dapat mengatur AC untuk bekerja secara otomatis pada suhu yang lebih rendah saat Anda berada di rumah, dan mengatur AC untuk mematikan diri ketika Anda tidak berada di rumah.

Matikan AC Secara Rutin

Agar AC Anda tetap awet dan bekerja dengan baik, matikan AC secara rutin jika tidak digunakan. Jangan biarkan AC menyala terus menerus, terutama jika tidak ada orang di dalam ruangan. Matikan AC setelah beberapa jam digunakan agar bisa istirahat dan mendinginkan suhu.

Gunakan AC dengan Bijak

Selain melakukan perawatan secara rutin, penggunaan AC yang bijak juga akan memperpanjang masa pakai AC Anda. Misalnya dengan menentukan suhu yang ideal, mematikan AC jika ruangan sudah cukup dingin, atau menyesuaikan pengaturan AC dengan ukuran ruangan. Dengan demikian, AC Anda bisa bertahan lebih lama dan berfungsi dengan lebih baik.

BACA JUGA:  Berikut Bagaimana Cara Memilih Ukuran AC Rumah

Itulah beberapa tips merawat AC yang bisa Anda terapkan untuk memperpanjang masa pakai AC dan menjaga kualitas udara di dalam ruangan tetap sejuk. Sebaiknya lakukan pemeriksaan AC minimal satu tahun sekali atau jika ada tanda-tanda kerusakan seperti suara bising, bau tidak sedap, dan penurunan kinerja AC. Jika Anda sudah butuh beli AC namun belum memiliki uang cash, jangan khawatir. Anda bisa memanfaatkan layanan pinjaman uang di SPinjam. SPinjam adalah salah satu fintech terpercaya dari Shopee yang menyediakan pinjaman uang dengan proses yang cepat dan mudah. Anda bisa mengajukan pinjaman uang hingga Rp12 juta dan cair hari ini juga.

Tidak hanya itu, persyaratan yang dibutuhkan juga sangat mudah dan sederhana. Proses pengajuan pinjaman juga bisa dilakukan secara online, sehingga Anda tidak perlu repot datang ke kantor. Dengan SPinjam, Anda bisa membeli AC yang Anda butuhkan dan juga AC ½ Pk tanpa perlu menunggu lama untuk mengumpulkan uang cash. Jadi, tunggu apalagi? Ajukan pinjaman uang di SPinjam sekarang juga dan nikmati AC baru yang menyegarkan!

Pos terkait