Hanya dengan Berjalan Kaki Dapat Mencegah Diabetes?

DEPOKPOS – Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang paling ringan, namun banyak orang menyepelekannya. Karena kemajuan teknologi orang-orang dengan mudah memesan makanan melalui aplikasi dan menunggunya sampai ke rumah, atau memesan ojek online padahal jarak tempuhnya tidak terlalu jauh. Sementara itu tidak ada salahnya sedikit berjalan kaki keluar rumah untuk sekedar mencari makan atau jalan-jalan santai, selain menghemat biaya tubuh kita juga jadi sedikit bergerak dan membuang kalori yang terdapat dalam tubuh.

Saya merasa beruntung pergi ke kampus dengan berjalan kaki, meski kadang melelahkan tapi tubuh saya dapat bergerak aktif setiap harinya, dan saya juga mendapatkan banyak manfaat dari berjalan kaki. Salah satunya adalah mencegah diabetes. Seperti yang sudah kita ketahui, akhir-akhir ini marak sekali anak-anak muda terkena penyakit diabetes.

BACA JUGA:  3 Tips Berolahraga saat Puasa agar Tubuh Tetap Bugar

Hal ini terjadi karena kebiasaan dan pola hidup yang tidak sehat, baik karena kurang bergerak aktif maupun pola makan yang tidak sesuai dengan standar kesehatan. Melihat fenomena yang terjadi, rasanya hal ini sangat berhubungan dengan kaum muda yang lebih banyak menggunakan gadget.

Penelitian menunjukkan bahwa anak muda yang menghabiskan banyak waktu menggunakan gadget cenderung memiliki gaya hidup yang kurang aktif secara fisik, dan mengurangi waktu yang digunakan untuk beraktivitas fisik seperti olahraga atau berjalan kaki. Menurut ahli epidemiologi (Kolb dan Martin 2017): konsumsi minuman manis dengan gula meningkatkan risiko diabetes sebesar 20-30%, sedikit aktivitas fisik meningkatkan risiko 40% diabetes. Angka 40% merupakan angka yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman manis yang hanya sekitar 20% risikonya.

BACA JUGA:  3 Nutrisi Penting yang Harus Ada di Menu Sehat Sarapan Pagi

Maka dari itu, perlunya membiasakan berjalan kaki karena dapat mencegah berkembangnya diabetes tipe 2, sebab jalan kaki dapat memicu kerja otot sehingga mampu meningkatkan penyerapan glukosa atau mengurangi kadar glukosa dalam darah, mengurangi kolesterol, dan tekanan darah. Selain itu jalan kaki juga salah satu cara yang efektif untuk membakar kalori sehingga menjaga berat badan tetap sehat, karena berat badan juga merupakan salah satu faktor seseorang terjangkit diabetes.

BACA JUGA:  Manfaat Sayur Seledri yang Harus Kamu Tahu!

Namun, tentunya diperlukan konsistensi dalam berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari. Jikalau memungkinkan, cobalah untuk meningkatkan waktu berjalan kaki secara bertahap, agar dapat mencegah diabetes secara maksimal.

Nadiyah Aulia
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

Pos terkait