Integritas Sebuah Tim

DEPOKPOS – Menurut istilah, tim adalah kumpulan seseorang yang memiliki tujuan sama dalam melakukan usaha yang ada.

Tim akan berjalan sukses dalam kerja sama yang dikerahkan bersama sama. Tentu kerja sama tersebut tidak jauh dari bagaimana seorang pemimpin memimpin sebuah tim.

Jelas sebuah pemimpin harus berintelektual dan berintegritas. Tetapi, alangkah baiknya jika sebuah tim tersebut juga memiliki sebuah keintegritasan tersebut.

Karena keintegritasan juga menjadi faktor pendorong dan sebagai pemilah, mana yang lebih bisa diandalkan dalam kerjasamanya dan mana yang hanya ingin memiliki ketenaranan dari nama dan kebesaran tim tersebut.

BACA JUGA:  Mengenal Perbankan Syariah Dikalangan Konvensional

Seseorang yang seperti itu tidak bisa diandalkan dalam sebuah tim. Karena akan mengakibatkan konflik dan hanya menjadi sebuah benalu bagi seseorang yang sudah serius dalam mengupayakan kerja kerasnya dalam tim tersebut.

Sebuah keintegritasan harus dibentuk disaat seseorang baru memulai masuk dalam sebuah tim. Tim juga merupakan wadah bagi kita untuk belajar bagaimana kerja keras nantinya dihargai dan diapresiasi dalam sesama anggota tim yang lain.

BACA JUGA:  Peranan Internet Sebagai Media Komunikasi Bisnis

Didalam sebuah tim, semua anggota harus mengutarakan semua pendapat karena pendapat seseorang dalam sebuah tim sangat penting agar tidak menimbulkan sebuah kesalahpahaman dan semua pembahasan dan kinerja dalam tim bisa menjadi optimal kedepannya.

BACA JUGA:  Sukses Berbisnis dengan Menerapkan Strategi Pemasaran AIDA

Tim sendiri dibentuk untuk membantu seorang pemimpin dalam mejalankan tugas pokoknya, yaitu membimbing dan merangkul semua anggota tim dalam kekeluargaan yang baik. Selain itu tim juga dapat mengurangi beban seorang pemimpin untuk menyampaikan pendapatnya dengan baik dan menjelaskan peraturan peraturan yang akan dijalankan untuk keberlangsungan kerja keras dan upayanya sebuah tim agar tidak salah jalur ataupun salah tempat.

Amanda Sausan Ghaitsa

Pos terkait