Karakter Pemimpin Ideal dalam Organiasi

DEPOKPOS – Pemimpin adalah sosok yang mampu memimpin, mengarahkan, dan mengorganisasikan suatu kelompok sehingga bisa terwujud adanya keteraturan maupun kedisiplinan pada kelompok tersebut.

Menjadi pemimpin tentu memerlukan suatu karakter tertentu yang cocok sehingga anggota dari suatu kelompok ini dapat mematuhi apa yang diarahkan oleh pemimpin.

Pemimpin ini harus bisa diandalkan oleh organisasi karena saat ini pemimpin menjadi indikator baik buruknya suatu organisasi dimana orang-orang memiliki persepsi apabila pemimpinnya buruk maka anggota dan kelompok tersebut juga dicap buruk.

Dalam hal ini, seorang pemimpin perlu memiliki kecerdasan dan integritas. Pemimpin yang cerdas dan berintegritas diharapkan bisa membawa suatu kelompok ke arah kemajuan.

Terdapat dua definisi yang berbeda antara pemimpin cerdas dan pemimpin berintegritas. Pemimpin cerdas sendiri ialah sosok pemimpin dimana mempunyai kemampuan dalam mengatur pemahaman dan pemikirannya secara inovatif untuk menjaga keberlangsungan kelompok dan secara tepat mengatur stuktur pada kelompok sehingga bisa berjalan harmonis.

BACA JUGA:  Tren "Friends With Benefit" Bisa Bikin Ketularan HIV?

Pemimpin cerdas ini mempunyai konsep berpikir secara tajam dan bisa menangkap permasalahan dengan cepat dan tanggap (Yuliana & Widayati, 2018). Kecerdasan ini biasanya terlihat dari sosok pemimpin yang mengandalkan logika dalam pola pikirnya.

Adapun beberapa karakter yang perlu dimiliki seorang pemimpin yang cerdas yakni mempunyai kebijaksanaan, kedisplinan, keaktifan, baik, profesional, mempunyai pola pikir kritis dan tajam, cepat dan tanggap ketika mengatasi sesuatu, serta mempunyai fisik dan psikis yang kuat. Sahadi et al. (2020) menyebutkan bahwa karakter pemimpin yang ideal dalam berorganisasi yaitu memiliki kecerdasan.

Pemimpin haruslah cerdas sehingga bisa memilih dan memecahkan permasalahan yang dihadapi organisasi secara tepat.

Sementara itu, pemimpin yang berintegritas merupakan pemimpin yang mempunyai nilai integritas dimana baik pikiran, ucapan, maupun ucapan yang mempunyai kesesuaian (Arifin, 2021).

BACA JUGA:  7 Pondasi Bisnis Online yang Harus Dipahami

Pemimpin yang cerdas juga perlu dituntut mempunyai integritas dimana hal ini berarti pemimpin perlu memiliki kejujuran, ketulusan dan kesinambungan terkait ucapan dan tindakan sehingga bisa menjadi sosok yang dipercaya oleh anggotanya.

Pemimpin yang sukses memimpin kelompokknya perlu mempunyai integritas yang tinggi, kejujuran, maupun kesetiaan. Apabila pemimpin sudah mempunyai integritas maka anggota kelompok akan memberikan kepercayaan penuh pada pemimpin dimana dianggap bisa membawa suatu kelompok atau organisasi tersebut lebih baik kedepannya.

Adapun berdasarkan Arifin (2021) seseorang pemimpin yang berintegritas mempunyai karakter yaitu (1) terbuka atau being transparent dan berkata jujur (telling the truth), (2) dapat menjadi teladan untuk anggota, teman sejawat maupun atasan dimana pemimpin juga dituntut bisa menjadi mentor, (2) bisa memelihara standar prosedur, kualitas, maupun kinerja untuk organisasinya (quality control).

Pemimpin yang sukses memimpin kelompoknya terlihat dari bagaimana kinerja anggota dalam kelompoknya yang menunjukkan solidaritas untuk mengutamakan kepentingan kelompok demi mencapai tujuan bersama.

BACA JUGA:  5 Tips untuk Menenangkan Pikiran

Capaian-capaian membanggakan yang diterima kelompok atau organisasi ini akan sulit terwujud tanpa kekuatan pemimpin yang bisa mengarkan anggotanya secara cerdas dan berintegratis. Dengan tanggung jawab seorang pemimpin maka terdapat aliran positif dalam organisasi tersebut sehingga dapat saling berkolaborasi dengan mencapai tujuan.

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa menjadi seorang pemimpin perlu memiliki kecerdasan dan integritas. Sosok pemimpin cerdas dan berintegritas dapat dipercaya oleh anggotanya sehingga anggota tersebut bisa lebih teratur, disiplin, dan mempunyai kesadaran yang sama untuk mencapai tujuan kelompok.

Karakter pemimpin yang cerdas dan berintegritas ini perlu dikuatkan apabila seseorang ingin menjadi pemimpin agar kelompok yang dipimpinnya bisa berlangsung ke arah yang lebih baik untuk ke depannya. Cerdas dan integritas ini merupakan karakter yang ideal dalam berorganisasi.

Tsurayya Aliya

Pos terkait