Kreativitas dan Inovasi dalam Wirausaha

DEPOKPOS – Wirausaha adalah orang yang memiliki jiwa dan kemampuan tertentu dalam berkreasi dan berinovasi.

Ia adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) atau kemampuan kreatif dan inovatif.

Kemampuan seseorang yang kreatif dan inovatif secara riil tercermin dalam kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start up), kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative), kemauan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity), kemampuan dan keberanian untuk menanggung risiko (risk bearing) dan kemampuan untuk mengembangkan ide dan mengelola sumber daya yang dimiliki.

Berwirausaha pada dasarnya memberikan suatu pelayanan kepada masyarakat dengan berbagai hal kebutuhan kehidupannya.

BACA JUGA:  Komunikasi Bisnis Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif

Pelayanan ini merupakan implementasi kompetensi yang kita miliki secara maksimal, Sementara kebutuhan hidup masyarakat semakin hari semakin kompleks, bervariasi dan menuntut adanya penyesuaian.

Setiap saat selalu ada kebutuhan baru yang secara langsung menuntut semua orang untuk mem-persiapkan atau menyediakannya. Karena kebutuhan hidup yang bervariasi, maka dibutuhkan orang-orang yang berkemampuan dalam mencipta barang-barang baru.

Dengan kemampuan mencipta, kreatif dan inovatif, maka segala kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.

Modal Wirausaha

Modal Kewirausahaan yang harus dimiliki oleh wirausaha adalah Modal intelektual, dapat diwujudkan dalam bentuk ide-ide sebagai modal utama yang disertai pengetahuan, kemampuan, keterampilan, komitmen, dan tanggung jawab sebagai modal tambahan.

BACA JUGA:  Pilih yang Halal, Ini Tips dari MUI

Ide merupakan modal utama yang akan membentuk modal lainnya.

Peran Inovasi Dan Kreativitas Dalam Wirausaha

Peranan Inovasi dan Kreativitas dalam Pengembangan Produk dan Jasa Inovasi memegang peranan penting dalam mengembangkan produk dan jasa dalam bisnis.

Berbagai kesuksesan wirausaha di dunia disebabkan oleh kreativitas dalam mengembangkan produk.

Persaingan yang ketat dalam berwirausaha mendorong wirausaha untuk memiliki kreativitas yang tinggi.

Daya kreativitas tersebut harus dilandasi cara berpikir yang maju, gagasan-gagasan baru yang berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada.

Berbagai gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk ataupun waktu dan memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha yang pada awalnya kelihatan mustahil.

BACA JUGA:  Efek Jika Kita Sering Berkata Kasar

Saat ini berbagai hasil inovasi yang didasarkan kreativitas wirausaha menjadi produk dan jasa yang unggul.

Wirausaha melalui proses kreatif dan inovatif menciptakan nilai tambah atas barang dan jasa yang kemudian menciptakan berbagai keunggulan termasuk keunggulan bersaing.

Perusahaan seperti Microsoft, Sony, dan Toyota Motor, merupakan contoh perusahaan yang sukses dalam produknya karena memiliki kreativitas dan inovasi di bidang teknologi.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan peran inovasi dan kreatifitas adalah sebagai berikut :

a. Mengembangkan Produk
b. Pendorong Wirausaha
c. Gagasan-Gagasan Baru
d. Terobosan-Terobosan Baru

Lu’lu Jilan Zain

Pos terkait