Manfaat Perpustakaan Digital di Era Globalisasi

 

Perpustakaan adalah sebuah tempat yang di dalamnya terdapat berbagai jenis buku-buku. Kata perpustakaan berasal dari kata pustaka yang berarti buku. Kemudian kata awalannya di tambahkan per dan akhiran an, maka menjadi perpustakaan yang berdefinisi kumpulan atau koleksi buku-buku. Di dalam perpustakaan kita bisa menambah wawasan melalui membaca.

Dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih dan serba digital, sehingga mengalami perubahan dari berbagai aspek, termasuk dengan perpustakaan. perpustakaan saat ini sudah mengalami perubahan yang signifikan. Perpustakaan digital memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya dan memudahkan untuk menyimpan informasi.

BACA JUGA:  Perbedaan Asuransi Syariah vs Asuransi Konvensional

Para pengguna perpustakaan atau pemustaka akan lebih mudah mengakses informasi melalui internet karena lebih berpengaruh dan lebih mudah sehingga macam-macam informasi dapat di peroleh melalui internet.

Dengan adanya perpustakaan digital di era globalisasi ada beberapa manfaat, diantaranya :

Dapat diakses kapan saja dan dimana saja
Dengan adanya perpustakaan digital, dapat memudahkan pemustaka untuk mengakses buku-buku secara digital dengan mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

BACA JUGA:  Risiko Pengangguran Tahun 2023

Menghindari buku menjadi rusak
Dengan hadirnya perpustakaan digital dapat mengurangi rusak nya buku secara fisik, karena dengan digital pemustaka hanya mengakses buku secara digital melalui handphone dan lapop atau komputer.

Memudahkan untuk mencari bukunya
Dalam perpustakaan digital, pemustaka dapat mencari buku buku yang diingin dengan sangat mudah, hanya dengan mengetik judul buku atau nama pengarang bukunya saja melalui handphone dan laptop atau komputer.

BACA JUGA:  5 Tradisi Orang Betawi Sebelum Ramadan

Mempermudah memperoleh informasi
Dengan memanfaatkan teknologi saat ini, kita bisa memperoleh informsi yang ada di perpustakaan dengan mudah dan cepat.

Demikianlah beberapa manfaat dari perpustakaan digital di era globalisasi.

FARHATUN NAZILA
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Pos terkait