Mengikuti Tren Fashion yang Sesuai Dengan Adab Berpakaian dalam Islam

Mengikuti Tren Fashion yang Sesuai Dengan Adab Berpakaian dalam Islam

DEPOK POS – Sudah akan memasuki tahun 2023, pastinya akan ada gaya berpakaian atau tren yang terbaru. Pada era modern ini tren fashion menjadi salah satu yang tidak bisa terlepaskan. Kian tiap tahunnya pasti tren dalam berpakaian selalu mengalami perubahan. Pakaian sendiri juga sangat mempengaruhi bagaimana kita berpenampilan.

Dunia fashion-pun sekarang sudah mengambil alih pasar dunia. Baik dari laki-laki maupun perempuan berbondong-bondong untuk mengikuti apa saja yang sedang tren pada zaman sekarang. Mulai dari gaya rambut, make up, pakaian, aksesoris, dan lain-lain.

Tren fashion biasanya dipopulerkan oleh orang yang memiliki pengaruh besar dan sangat populer dikalangan masyarakat, seperti artis atau selebriti yang terkenal. Seperti contoh belakangan ini banyak orang yang mengikuti tren fashion artis Korea yang biasa disebut K-Pop Idol atau artis luar negri yang terkenal lainnya.

Tentunya pakaian sendiri merupakan kebutuhan pokok yang selalu dipakai setiap hari oleh setiap orang. Fungsi pakaian bukan hanya sekedar untuk menutupi tubuh tetapi juga untuk melindungi diri dari gigitan serangga, cuaca ekstrim, dan lain-lain.

BACA JUGA:  Mengenal Bystander pada Situasi Bullying

Pakaian juga dapat mengekspresikan seperti apa identitas kita, memberitahu tentang jenis kelamin, status, kelas dan sikap kita. Dari sudut pandang Islam, telah dijelaskan bagaimana adab berpakaian bagi kaum muslim. Terdapat beberapa ketentuan berpakaian dalam islam yaitu:

Menutup Aurat

Dalam Islam, aurat merupakan bagian tubuh yang harus ditutupi dan tidak boleh diperlihatkan kepada orang lain kecuali mahramnya. Batasan aurat bagi laki-laki dan perempuan tentunya berbeda. Menutup aurat untuk laki-laki yaitu anggota tubuh antara pusar hingga lutut, sedangkan bagi perempuan yaitu semua anggota tubuh kecuali muka dan telapak tangan.

Menutup aurat terutama bagi kaum perempuan sudah diperintahkan oleh Allah SWT. dalam firman-Nya pada surah Al-Ahzab ayat 59 yang artinya: “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.(QS. Al-Ahzab:59).

BACA JUGA:  Manajemen Risiko Terhadap Tragedi Bencana Alam di Indonesia

Berpakaian Yang Tidak Menyerupai Lawan Jenis

Pada era modern ini dapat kita temui orang-orang yang berpakaian menyerupai lawan jenis, laki-laki berpakaian seperti perempuan, dan perempuan berpakaian menyerupai laki-laki. Rasulullah SAW melaknat orang-orang yang menyerupai lawan jenis, diantaranya termasuk cara berpakaian, berbicara, bergaya, dan lain-lain. Siapapun yang mencoba menjadikan laki-laki seperti perempuan atau sebaliknya, telah menyimpang dari ajaran Allah SWT dalam takdir dan syariat-Nya.

Pakaian Yang Dikenakan Tidak Memperlihatkan Lekuk Tubuh Dan Tidak Menerawang

Seorang muslim harus mengenakan pakaian yang tidak transparan, pakaian longgar yang menutupi tubuh dari segala sisi, dan pakaian yang tidak membentuk lekuk tubuh. Jika pakaian yang dikenakan wanita muslimah membentuk lekuk tubuh dan kain yang digunakan tipis dan transparan serta memperlihatkan bagian tubuh yang terlihat, hal ini sangat merugikan.

Apalagi jika dia berdiri di depan laki-laki yang bukan mahramnya. Nafsu tumbuh pada orang yang melihatnya, yang tidak bisa mengalihkan pandangan darinya.

BACA JUGA:  Apa Saja Penyebab Putusnya Pernikahan?

Maka kita sebagai umat muslim harus berpakaian sesuai dengan syariat Islam untuk dapat mengenali identitas kita sebagai orang muslim, terlebih lagi pada kaum muslimah. Apalagi pemakaian busana muslimah di Indonesia sendiri telah meningkat ditambah dengan adanya gaya-gaya trendi yang ada pada zaman sekarang.

Tentu saja semua perempuan pastinya ingin tampil lebih baik dimana saja dan kapan saja, tapi jangan sampai kita sebagai kaum muslim melenceng atau keluar dari syari’at islam. Kita tetap bisa lho! mengikuti gaya berpakaian yang “kekinian” yang sesuai dengan adab berpakaian dalam Islam.

Caranya dengan mencontek gaya selebriti/influencer muslim atau melihat inspirasi look busana muslim yang sedang trendi di aplikasi Pinterest. Tentu saja kita juga harus tetap memilah-milah ya! Yang mana yang sesuai dengan syariat agama Islam.

Nadira Sana Salihah, Najma Nur, dan Pandu Aditya
Mahasiswa psikologi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Pos terkait