Pemasaran Online Dapat Meningkatkan Peluang Bisnis

DEPOKPOS – Adanya proses pertemuan antara penjual dan pembeli kini bergerak dengan trend internet marketing yaitu strategi pemasaran yang membutuhkan koneksi internet untuk bekerja. Strategi ini penjual tidak harus menemui pembeli dalam proses transaksi. (Nikmah, 2017)

Pemasaran online cocok untuk usaha yang baru dirikan atau sudah lama berdiri. Tentunya hemat biaya karena tidak membutuhkan tempat/toko untuk mempresentasikan produk/jasa, bisa mengaturnya sendiri tanpa harus merekrut karyawan, waktu atau jam kerja tidak terbatas, dan memiliki pasar yang luas. , karena pemasaran online biasanya didukung oleh website atau sosial media (Facebook, Instagram, WA dan lainnya). Fenomena ini memberikan kesempatan bagi kreator muda untuk mencoba masuk ke dunia bisnis. Misalnya dengan menjalankan bisnis online, seorang mahasiswa tidak terganggu dengan jadwal kuliah dan bisa menambah uang saku.

Awalnya, pemasaran online menggunakan halaman berformat HTML statis untuk digunakan oleh pengguna internet. Situs web telah menjadi semacam brosur online, kantor kedua tempat mereka dapat menunjukkan identitas mereka ke dunia. Pemasaran online terus mengalami kemajuan, tidak hanya melalui website tetapi juga melalui email dan aplikasi online lainnya seperti media sosial (Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain).

Menurut Sulianta (2015), media sosial adalah saluran atau media untuk interaksi sosial secara online di dunia maya (internet). Pengguna media sosial berkomunikasi, berinteraksi, mengirim pesan, berbagi dan berjejaring satu sama lain. Media sosial merupakan media periklanan online gratis terbaik saat ini karena jumlah pengguna aktif berbagai media sosial mencapai jutaan.

BACA JUGA:  Pasar Kaki Langit, Keunikan Pasar Sekaligus Wisata di Sisi Timur Yogyakarta

Menurut Kennrianno (2016), media sosial memiliki keutamaan dibandingkan media tradisional, antara lain:

Kesederhanaan

Sederhana dan mudah digunakan. Hampir semua kalangan sosial saat ini memiliki akun Facebook, Instagram, dan lainnya. Tanpa memahami detail Teknologi Informasi (TI), Anda dapat menemukan informasi yang Anda butuhkan dengan cepat dan mudah hanya dengan smartphone Android dan koneksi internet.

Membangun

Hubungan media sosial menawarkan kesempatan yang tidak tertandingi untuk terlibat dengan pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan segera menerima umpan balik, ide, tes, dan dengan cepat menangani layanan pelanggan. Sebaliknya, jika menggunakan media tradisional, komunikasi hanya dapat dilakukan secara tatap muka jika ingin melakukan komunikasi dua arah.

Lingkup

Media global tradisional dapat menjangkau seluruh dunia, tetapi tentu saja sangat mahal dan memakan waktu. Media sosial memungkinkan perusahaan untuk mengkomunikasikan informasi secara mudah, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan konten disesuaikan dengan setiap segmen pasar dan memungkinkan bisnis mengirim pesan ke lebih banyak pengguna.

Terevaluasi

Pengiriman pesan dapat diukur dengan menggunakan sistem pemantauan sederhana, yang memungkinkan perusahaan untuk segera menentukan keefektifan kampanye. Tidak demikian halnya dengan media tradisional yang membutuhkan waktu lama.

Menurut Kenrianno (2016), manfaat penggunaan media sosial di perusahaan adalah:

Mudahnya mendapatkan informasi pembeli melalui media sosial.

Dapat dengan mudah mengetahui secara detail siapa pembeli Anda, bahasa apa yang mereka gunakan, berapa usia dan jenis kelamin mereka. Informasi ini dapat membantu proses branding dan pemasaran kepada konsumen yang tepat sasaran. Dengan itu diharapkan dapat memberikan keuntungan lebih.

BACA JUGA:  Asuransi Syariah sebagai Alternatif Instrumen Proteksi Keuangan Keluarga

Efektif dalam menentukan target.

Misalnya, Instagram memiliki fitur lokasi atau tagar (#) yang dapat memudahkan identifikasi lokasi

Mudah mencari pembeli baru dan memperluas target pasar Anda.

Media sosial seperti Instagram membantu bisnis kecil menemukan pembeli dan pembeli potensial. Jika ingin mencari konsumen yang lokasinya dekat dengan perkantoran, Anda bisa menggunakan Instagram untuk mencari lokasi terdekat. Karena dengan itu dapat memudahkan menemukan calon pembeli di dekat lokasi bisnis Anda. Kemudian bisa memakai hashtag (#) untuk mencari konsumen yang terkait dengan bisnis yang sedang berjalan.

Mengumpulkan umpan balik konsumen dengan mudah.

Misalnya pada halaman Facebook, pembeli dapat langsung memposting saran/kritik/pertanyaan di kolom komentar atau mengirim pesan tentang produk/jasa. Pendapat konsumen dapat dijadikan bahan untuk inovasi/perbaikan produk/jasa.

Berkembang target pasar dan selalu dapat mengikuti langkah kompetitor.

Media sosial dapat digunakan untuk mendapatkan informasi penting dari pesaing, yang kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Meningkatkan situs web dan pencari.

Salah satu manfaat terbesar media sosial untuk bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung situs web. Apabila informasi yang mereka temukan dalam situs bermanfaat, mereka akan membagikannya di jejaring sosial. Walaupun tidak signifikan, media sosial juga memberikan sinyal positif untuk pengguna supaya bisa meningkatkan peringkat website.

Dapat memberikan informasi lebih cepat.

Dengan tekan tombol bagikan di jejaring sosial. Informasi yang diposting di media sosial langsung terlihat di timeline pengikut, memungkinkan mereka menghasilkan situs web cepat bahkan penjualan. Pastinya hal ini lebih efektif ketika media sosial tersebut memiliki pengikut yang cukup banyak. Kalaupun tidak, Anda tetap bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa influencer.

BACA JUGA:  Melukis Adalah Sebuah Perjalanan Yang Memancarkan Makna Dan Manfaat Yang Luar Biasa.

Lebih dekat dengan konsumen.

Media sosial merupakan sarana yang mudah untuk membangun hubungan dengan konsumen. Misalnya, media sosial membantu agen perjalanan berkomunikasi dengan wisatawan. Hubungan dengan konsumen dibangun sebelum, selama, dan setelah menggunakan layanan mereka.

Meningkatkan kesadaran merek dan beriklan dengan biaya lebih rendah.

Media sosial membantu perusahaan meningkatkan kesadaran merek hampir tanpa biaya. Biaya untuk ini adalah waktu. Membangun brand melalui media sosial setidaknya membutuhkan usaha, proses, dan waktu yang tidak singkat. Hal ini karena membutuhkan konten yang menarik dan berkualitas. Berarti jika Anda memposting foto, Anda pasti membutuhkan foto berkualitas tinggi untuk menarik perhatian calon pembeli.

Bahwa pembisnis online sangat diuntungkan dengan adanya media sosial. Hampir setiap orang memiliki smartphone, sehingga barang kecil dalam segenggam pun memiliki daya tarik yang besar. Tidak perlu membuat sumber daya periklanan format besar di lokasi strategis, yang pastinya mahal. Tingkat kreativitas yang tinggi cukup untuk membangun citra produk/jasa dengan menampilkan konten yang menarik dan menjawab keingintahuan konsumen. Dan yang tidak kalah penting adalah membentuk komunikasi yang baik melalui media sosial untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Intan Nabillah Nur Rahmawati
Mahasiswa Universitas Binawan Prodi Manajemen 2022

Pos terkait