Pembentukkan Karakter dalam Pendidikan Agama Islam

Pendidikan karakter adalah dimana kita menanamkan nilai-nilai kepada para individu yang berada di lingkungan, baik itu lingkungan sekolah, masyarakat, ataupun organisasi sekalipun.

Pendidikan karakter itu sangat penting untuk kita semua karena itu adalah salah satu upaya untuk menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang dinilai sopan dan santun bai itu dari etika ataupun perbuatan.

Di dalam pendidikan karakter tentu pendidikan agama islam adalah peran utamanya, karena islam mengajarkan agar kita selalu berperilaku baik, sopan, ramah, dll.

Pendidikan agama isam juga mengajarkan bagaimana kita menghargai orang dengan baik, dan tidak menyinggung orang dengan perkataan kita yang kurang baik, maka dari itu pendidikan islam sangat berperan penting dalam mewujudkan pembentukkan karakter, khususnya karakter per individu.

BACA JUGA:  Lebaran Ketupat: Tradisi Khas Muslim Indonesia

Pendidikan islam juga sangat dijunjung tinggi di negara ini, karena selain mayoritas penduduknya beragama islam, juga karena ajaran-ajarannya yang sangat tertata untuk dijadikan perjalanan hidup, karena islam menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat islam.

Dan nabi Muhammad adalah idola para umat islam, maka dari itu kita harus mengikuti ajaran-ajaran bahkan perilaku nabi Muhammad SAW untuk diamalkan dalam perbuatan sehari-hari.

BACA JUGA:  Berani Mengambil Risiko dalam Bisnis

Karena pada dasarnya Nabi Muhammad SAW adalah manusia yang paling mulia, yang ajaran-ajarannya patut dicontoh dan diikuti oleh kita semua sebagai pengikutnya di akhir zaman ini.

Pembentukkan karakter juga dapat dilihat dari bagaimana kita berbicara dengan orang lain, contohnya berbicara dengan sopan santun kepada yang lebih tua.

Dan Pendidikan adalah salah satu usaha manusia untuk membina kepribadian sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan.

BACA JUGA:  Definisi, Jenis dan Dalil Tentang Riba

Serta suatu aktifitas manusia untuk meningkatkan kepribadian dengan jalan membina potensi-potensi kepribadian, yaitu rohani yang di dalamnya terdiri dari (pikir, karsa, rasa, cipta dan budinurani).

Dan istilah karakter juga bisa disebut dengan akhlak atau kepribadian seorang muslim dan muslimah, maka dari itu kita sebagai orang muslim kita harus memiliki sikap atau perbuatan yang menggambarkan seorang muslim sejati, hakikatnya muslim sejati yaitu harus selalu berbuat kebaikan kepada sesama.

Oleh : Fara Shavina

Pos terkait